8 Manfaat Tapak Dara Bagi Kesehatan

8 Manfaat Tapak Dara Bagi Kesehatan

Manfaat tapak dara - Mungkin kebanyakan orang pada belum tahu dengan tanaman tapak dara. Tanaman tapak dara yang berasal dari Amerika tengah ini ternyata memiliki kaya akan khasiat yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, salah sataunya dpat mengatasi penyakit diabetes melitus atau kencing manis.

Tanaman tapak dara dikenal dengan nama latinnya yaitu Cathranthus Roseus. Berdasarkan nama daerah Jawa tapak dara dikenal dengan nama kembang sari cina dan di daerah Sunda tapak dara dikenal dengan nama tembaga beureum.


Kandungan Tapak Dara

Tanaman dara memiliki kandungan seperti vinkristin, vinblastin dan vinleurosin. Biasanya tanaman tapak dara digunakan sebagai obat tradisonal yaitu daunnya. Nah dari daun tapak dara dapat mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes melitus, hipertensi, leukimia, asma, demam, radang perut, disentri, kurang darah, gondong, bisul, borok, luka, bakar, luka baru dan bengkak.


8 Manfaat TapaK Dara Bagi Kesehatan dan Cara Pengobatannya

Berikut ini cara pengobatan untuk mengobati penyakit dengan menggunakan ramuan obat tradisional tapak dara, Yuk mari simak sama-sama cara pengobatannya:


1. Diabetes Melitus

Ada 3 ramuan untuk mengatasi penyakit diabetes melitus
  • 10-16 lembar daun tapak dara di rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin diminum, diulangi sampai sembuh.
  • 34-45 gram daun tapak dara, adas pulwaras direbus dengan 3 gelas air samapi mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin diminum, diulangi sampai sembuh.
  • 3 lembar daun tapak dara 15 kuntum bungan tapak dara direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga 1,5 gelas. Diminum pagi dan sore setelah makan.


2. Hipertensi

  • 15-20 gram daun tapak dara kering, 10 gram bunga krisan direbus dengan 2,5 gelas aiar sampai mendidih dan disaring. Diminum tiap sore.
  • 7 lembar dau atau bunga tapak dara diseduh dengan 1 gelas air dan dibiarkan beberapa saat dan disaring. Diminum menjelang tidur.


3. Leukimia

  • 20-25 gram daun tapak dara kering, adas pulawaras, direbus dengan 1 liter air dan disaring. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.


4. Asma Bronkhitis

  • 1 potong bonggol akar tapak dara direbus dengan 5 gelas air. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.


5. Demam

  • 1 genggam 12-30gram daun tapak dara, 3 potong batang dan akar tapak dara, direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1,5 gelas. Diminum pagi dan sore ditambah gula kelapa.


6. Anemia

  • Ambil 4 putik bunga tapak dara putih direndam dengan 1 gelas air, kemudian ditaruh di luar rumah semalam. Diminum pagi hari dan dilakuakn secara teratur.


7. Radang Perut dan Disentri

  • Ambil 15-30 gram daun tapak dara kering direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Diminum pagi dan sore dan ditambah dengan gula kelapa.


8. Luka

  • Beberapa daun tapak dara direndam dengan air, kemudian ditumbuk bersama-sama sampai halus. Ditempelkan pada daerah yang sakit atau luka.

Demikian beberapa manfaat tapak dara bagi kesehatan. Nah baca juga artikel kesehatan lainnya tentang manfaat daun binahong dan manfaat mengkudu

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "8 Manfaat Tapak Dara Bagi Kesehatan"

Posting Komentar