4 Manfaat Akar Wangi Sebagai Tanaman Obat

4 Manfaat Akar Wangi Sebagai Tanaman Obat

Manfaat akar wangi sudah lama digunakan pada zaman dahulu sebagai tanaman obat tradisional. Dan tanaman akar wangi juga dipercayai dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan dan dapat mengobati penyakit. Selain itu ternyata tanaman akar wangi dapat digunakan sebagai bahan untuk kerajinan.

Tanaman akar wangi dikenal dengan nama latinnya vetiveria zizanioides yang merupakan jenis tanaman menahun dengan ketinggian dapat mencapai 1 m. Batang-batang pada tanaman akar wangi beruas-ruas, berbentuk pita. Berbuah seperti Buah padi, berwarna putih kecoklatan. Akarnya serabut, bagian akar tanaman akar wangi mengandung minyak asiri, yang dijadikan sebagain bahan utama pembuat parfum atau minyak wangi.


Nama Daerah Akar Wangi

Beradasarkan tiap daerah nama akar wangi berbeda-beda tapi memiliki bentuk yang tetap sama. Akar wangi di daerah sumatra barat disebut dengan nama akar babau, sumatra utara disebut dengan iser, morwastu, daerah Makassar disebut usa atau urek usa, daerah Sunda disebut juga janur, narawastu, usar, dan daerah Jawa akar wangi disebut dengan larasetu, larawastu, rarawestu.


Kandungan Akar Wangi

Dalam tanaman akar wangi mengandung vetiverin, vetiveron, veto, dan vetivazulen. Biasanya tanaman akar wangi yang digunakan sebagai tanaman obat tradisional yaitu akarnya.


4 Manfaat Akar Wangi Sebagai Tanaman Obat

Berikut ini beberapa khasiat yang terdapat dalam tanaman akar wangi yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, atnara lain:

1. Menghilangkan Bau Napas
  • Ambil akar wangi beberpa potong, daun sirih segar 2 lembar, herba pegangan segar 1 genggam, buah kapulaga 6 butir, ar 110 ml. Direbus, diambil airnya. Untuk berkumur 2 kali sehari, tiap kali pakai 100 ml bial perlu dapat diencerkan dengan air hangat, sebagian dapat ditelan karena tidak berbahaya.


2. Mengobati rematik, pegal linu, dan encok.


3. Mengobati luka.
4. Mengobati luka bekas gigitan tawon, gigitan ular, dan kalajengking.

Demikian beberapa manfaat akar wangi yang dijadikan sebagai tanaman obat tradisional. Baca juga artikel kesehatan lainnya tentang manfaat adem ati, manfaat adas.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "4 Manfaat Akar Wangi Sebagai Tanaman Obat"

Posting Komentar