Jenis Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka

Setiap orang pasti setidaknya pernah mengalami yang nama nya Luka, ntah itu luka ringan bahkan luka berat. di sini kita akan membahas makanan apa saja yang bisa mempercepat penyembuhan luka.

Jenis Makanan Mempercepat  Penyembuhan Luka
Jenis Makanan Mempercepat  Penyembuhan Luka
Hampir sebagian orang pasti pernah melakukan operasi, ntah itu operasi kecil maupun operasi besar. setelah operasi anda merasa tidak nyaman akibat nyeri akibat luka yang tak kunjung kering. Selain obat-obatan dan faktor kebersihan, nutrisi berperan penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka baik pada operasi ringan maupun berat. Vitamin, Mineral, makronutrein seperti protein, asam lemakesensial, dan serat akan membatu penyembuhan setelah operasi.

Berikut adalah beberapa jenis makanan mempercepat penyembuhan luka 

 

Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka

1. Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka, Protein

Penyembuhan setelah operasi membutukan asam amino untuk memperbaiki dan membentuk jaringan di dalam tubuh anda. protein merupakan sumber nutrisi kaya akan asam amino. Selain itu porotein dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit yang dapat memperlambat penyembuhan. makanan tinggi protein dapat anda temukan di dalam ikan, putih telur dan ayam. maka jangan heran jika setelah operasi dokter sering meminta anda  untuk mengkonsumsi banyak putih telur. sumber asam amini lainnya dapat anda temukan di daging tanpa lemak. produk susu rendah lemak, dan kacang panjang.

2. Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka, Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu Vitamin yang paling sering diKonsumsi. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh untuk mencegah penyakit. Vitamin C juga membantu melindungi sel dari radikal bebas serta penting untuk penyembuhan luka. sumber nutrisi kaya akan Vitamin C antara lain, Paprika Merah, jeruk, lemon, kiwi, mangga, pepaya, sayuran hijau, brokoli, tomat, ubi-ubian dan kentang panggang.

3. Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka, Whole Grain

Karbohidrat mengandung glukosa yang penting sebagai sumber energi, karbohidrat kompleks seperti Whole Grain, kaya nutrisi yang dapat membantu  menjaga sistem imun Tubuh. selainitu juga mengandung serat yang berperan mencegah dan mengatasi sembelit saat penyembuhan luka  operasi. Makanan sumber Whole Grain antara lain Roti Gandum, nasi merah, Sub Barley, Oat meal.

4. Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka, Zat Besi

Zat besi penting dalam pembentukan hemoglobin. hemoglobin merupakan senyawa dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke jaringan. Oksigen ini penting dalam metabolisme sel dan proses penyembuhan luka setelah operasi, makanan sumber zat besi antara lain Kerang, hati dan daging merah.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Jenis Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka"

Posting Komentar