Tips Mencegah Keputihan Pada Wanita

Hi Ledies, pasti sudah tidak awam lagi bukan dengan yang namanya keputihan yang selalu mengganggu kenyamanan Miss V anda! nah di sini kami akan berbagi tips untuk mencegah keputihan untuk para ledies.

Tips Mencegah Keputihan

Bagi ledies, masalah keputihan dapat mengurangi kecantikan karena keputihan sering menimbulkan bau tak sedap. Keputihan merupakan masalah yang sering terjadi setelah selesai masa menstruasi atau pertengahan menjelang menstruasi. Kondisi ini diakibat kan oleh infeksi jamur candida albicans yang menimbulkan gejala keluarnya cairan putih atau kekuningan yang kental di sertai rasa gatal atau sakit serta berbau yang tidak sedap. Daerah Miss V pun menjadi tidak nyaman karena lembab atau terasa basah.

Tips Mencegah Keputihan Pada Wanita
Tips Mencegah Keputihan Pada Wanita

Keputihan Pada Wanita

Keputihan dengan stadium lanjut juga merupakan faktor terbesar penyebab keputihan terjadinya kanker rahim. Jika mengalami keputihan adalah normal. Karena keputihan itu menjaga agar Miss V tetap lembab sebagai bagian dari mekanisme pembersihan diri. Cairan keputihan yang normal sifatnya lembab dan bertugas membersihkan sel-sel mati dan bakteri dari vagina. Cairan ini terutama bersal dari kelenjar serviks (leher rahim), bersifat asam yang membantu untuk menjaga infeksi di telur. Hasil keasaman untuk memecahkan gula.

Penyebab Keputihan Pada Wanita

Keputihan yang normal adalah yang tidak berbau. Jumlah cariran yang normal bervariasi dari wanita ke wanita sesuai siklus menstruasi, emosi stress, status gizi, penggunaan obat, pil KB dan kehamilan. Banyak wanita yang mengalami seminggu setelah menstruasi hampir tidak terjadi keputihan dan ada wanita yang memiliki keputihan yang banyak dan tebal.menjelang tengah siklus (sekitar 2 minggu setelah awal menstruasi) jumlah cairan keputihan meningkat dan menjadi tipis, licin dan trnsparan seperti putih telur mentah. ketika cairan keputihan ini terkena udara menjadi coklat kekuningan warnanya, sehingga normal untuk menemukan noda kekuningan di celana ditengah-tengah siklus bulanan.

Keputihan juga akan terasa lembab dan lengket, keputihan jugab akan meningkatkan jiika seorang wanita sedang dalam masa kehamilan.dan ketika terjadi hubungan seksual cairan ini menjadi sangat berlimpah  karena bau kelenjar di dekat vagina (Pada Kelenjar Batholin) mengeluarkan lendir licin tambahan yang berfungsi sebagai pelumas untuk bersetubuh.

Keputihan juga dapat disebabkan karena infeksi vagina antara lain infeksi jamur, infeksi bakteri atau kuman. untuk mencegah keputihan biasanya banyak wanita menggunakan bahan atau produk pembersih wanita yang banyak dijual dipasaran atau menggunakan produk pembersih wanita yang diiklankan di media elektronik.

Jika tidak tanda berupa keputihan atau gejala gatal, membersihkan daerah intim wanita hanya perlu menggunakan air bersih. Beberapa produk pembersih yang dijual di pasaran hanya perlu digunakan jika terjadi produksi cairan yang berlebihan atau mulai terasa gatal di bagian organ intim wanita. Perlu juga diperhatikan, penggunaan cairan pembersih yang berbau wangi mungkin akan memperburuk gejala keputihan atau gatal.

Tips Mencegah Keputihan Pada wanita Secara alami

- Daun Pepaya

Salah satu mencegah keputihan dengan memanfaatkan daun pepaya yang dapat dilakukan dengan berapa langkah berikut ini
  • Ambil sehelai daun pepaya lalu cuci bersih dan iris halus, selanjutnya tambahkan 50 gam akar alang-alang yang bersih dan pulosari, rebus semua bahan-bahan tersebut dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian saring dan minum air rebusan berkhasiat tersebut sekali sehari satu gelas 
- Daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu tanaman obat dengan kandungan senyawa alami  yang ada di dalamnya adalah minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak, dan juga kandungan kavikol yang memberikan manfaat baik untuk membunuh kuman serta kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dan juga kandungan anti jamur. Manfaat dari daun sirih adalah untuk membantu mengobati keputihan.
Caranya:
  •  Dengan ambil 10 lembar daun sirih yang sudah terlebih dahulu 2 liter air selama kurang lebih 5 menit, tungu sampai air rebusan berubah hangat, dan gunakan air rebusan tadi untuk membilas area vagina wanita lakukan dengan teratur 3 kali dalam seminggu
- Lidah buaya

Lidah buaya membantu mengatasi keputihan karena kandungan antiseptik yang ada di dalamnya, cara membuat ramuan ini adalah :
  •  Ambillah daging lidah buaya, kemudian setelah itut potong-potonglah dan diblender, setelah itu rebuslah dengan dua gelas air dan juga direbus dengan 5 lembar daun smbiloto, tunggulah sampai hangat dan Anda bisa menggunakannya untuk membilas vagina, lakukanlah hal ini 2 kali dalam sehari.

- Bawang Putih

Bawang putih ternyata bisa membantu untuk mengobati keputihan. Kandunag sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus yang ada di dalamnya bisa memberikan khasiat untuk kesehatan dan menghambat terjadinya perkembangan bakteri, jamur serta virus. Suatu penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mempunyaio suatu kekuatan sebagai anti bakteri alami. Untuk mencegah keputihan secar alami pada wanita adalah konsumsilah bawang putih.

- Hindari Stress

Cara menghindari stres adalah dengan melakukan olah raga yang dilakukan dengan seimbang merupakan salah satu cara yang tepat. Berolahragalah sebnyak 2 kali dalam seminggu yang segar untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.
Tips mencegah keputihan yang berlebihan dilakukan dengan menjaga kebersihan dari organ intim wanita. Cara seperti ini bisa membantu untuk mencegah terjadinya keputihan. Karena organ intim yang terserang oleh bakteri atau terserang jamur biasanya akan mempunyai tingkatan dari kelembaban dan keasaman yang sangat tinggi. Hal ini bisa terjadi dari akibat dari Anda kurang menjaga kebersihan organ intim. 

Tips Mencegah Keputihan Pada Wanita Adalah

  1. Sebaiknya hindari membilas vagina dengan menggunakan air yang bersih saat sedang membilas vagina Anda terutama adalah saat Anda sedang menggunakan toilet umum
  2. Gunakan Pembalut yang tepat, saat sedang mengalami menstruasi, maka sebaiknya pilihlah jenis pembalut yang tepat. Pilihlah jenis pembalut yang tepat dan jika Anda salah dalam memilih pembalut, maka hal ini akan memcu terjadinya keputihan. Pilihlah jenis pembalut dengan bantalan yang berkualitas, dan jugha kandunag herbal yang ada di dalamnya. Gantilah pembalut Anda setiap 4 jam sekali
  3. Gunakanlah pakain dalam yang bahan dasarnya adalah katun, dan selain itu juga jauhi penggunaan celana dalam yang bahannya dintetis dan hindari celana dalam yang terlalu ketat.
  4. Jangan terlalu sering menggunakan panty liner,hal ini akan membuat organ kewanitaan Anda menjadi lembab
  5. Mengganti pakain celana dalam jika merasa sudah sangat lembab
  6. Bersihkan organ intim dengan rutin dan teratur dari arah depan ke belakang. Hal ini akan membantu mengurangi reiko dari terjadinya kontaminasi pada mikroorganisme yang terjadi di saluran kencing dan juga dibagian anus.
  7. Sebaiknya kurangi jenis makanan yang manis dan juga minuman yang mengandung kafein.
  8. Melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan Anda sebelum Anda mengonsumsi obat medis.
  9. Jika selesai mandi, maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu organ kewanitaan Anda sudah benar-benar kering. Anda bisa menggunakan handuk yang bersih untuk membantu meneringkan vagina dan ada baiknya jangan menggunakan tisu dengan aroma yang wangi.
Artikel Selanjutnya >>

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Tips Mencegah Keputihan Pada Wanita"

Posting Komentar