Ketahui Selangkangan dan Vagina Gatal-gatal

Ketahui Selangkangan dan Vagina Gatal-gatal
Ketahui Selangkangan dan Vagina Gatal-gatal
Para wanita apa pernah mengalami selangkangan dan vagina gatal-gatal?? Kulit gatal atau pruritis merupakan hal yang sangat sering terjadi. Gatal-gatal yang terjadi dapat mengenai seluruh tubuh atau area tubuh tertentu saja. Gatal yang terjadi biasanya disertai dengan gejala lain seperti ruam dan kemerahan.

Rasa gatal merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama jika Anda mengalami selangkangan dan vagina gatal-gatal, tentu akan terliat tidak pantas jika Anda menggaruknya di tempat  umum.

Pada umunya gatal akan sembuh dengan sendirinya dengan hanya menggunakan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran namun ada kalanya gatal yang dialami berlanjut dan harus mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Pada umumnya gatal sangat sering menyerang bagian tubuh yang lembab seperti selangkangan. Pada umunya gatal tersebut diakibatkan oleh jamur (tines cruris). Selangkangan sangat mudah diinfeksi oleh jamur karena areanya yang lembab dan hangat. Area lain yang sering diserang seperti bokong dan paha bagian dalam.

Penyebab Selangkangan dan Vagina Gatal-gatal

Selian infeksi jamur penyebab lain dari selangkangan dan vaguna gatal-gatal dapat disebabkan
  • Iritasi dari pekaian dalam yang terlalu ketat
  • Infeksi bakteri pada vagina wanita
  • Kudis
  • Infeksi bakteri seperti molluscum contangiosum

Bagi mereka yang merupakan pelaku seksual aktif, gatal pada selangkangan bisa terjad akibat penyakit menular seksual seperti herpes genital, sifilis, infeksi kutu dan kutil.

Selangkangan dan Vagina gata-gatal Dapat Disebabkan Juga:

  1. Penggunaan bahan kimia, akibat bahan-bahan kimia yang terdapat pada kondom, krim, sabun, tisu atau pembalut yang digunakan
  2. infeksi jamur atau kandiasis vagina, jamur yang tumbuh berlebiham di vagina dan vulva. Selain gatal, akan terjadi juga penularan cairan putih dari vagina. Vaginosis bakteri : biasanya disertai ras gatal, perih dan keluarnya cairan bau dan tidak sedap dari vagina
  3. Penyakit menular seksual sperti herpes, klamidia, trikomoniasis dan gonorrhoe
  4. Menopause, yang menyebabkan produksi hormon estrogen menurun sehingga vagina menjadi kering dan menipis dan menyebabkan vagina akan sangat mudah terinfeksi bakteri, virus atau jamur.Lichen sklerosis yaitu bercak putih di sekitar kemaluan yang biasanya dialami oleh wanita pada pasca menopause.StressInfeksi cacing kremi yang sering dialami oleh anak-anak perempuan Pra kanker.

Cara Mengatasi Selangkangan dan Vagina Gatal-gatal

Timbulnya rasa gatal yang mengganggu dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi gatal pada selangkangan akibat jamur, dapat menggunakan krim atau bedak antijamur. Sebaiknya cuci bersih area yang terkena infeksi dengan sabun dan air sebelum Anda menggunakan krim atau bedak antijamur. Gunakan secara merata dan teratur.

Ikuti petunjuk pemakaian dengan tepat. Meski gejala mereda, jangan hentikan penggunaan krim atau bedak antijamur terlalu cepat. Tetap ikuti durasi penggunaan sesuai yang disarankan pada label produk.Ini supaya infeksi tidak kembali lagi.

Ketika gatal pada selangkangan akibat jamur ini digaruk, maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri. Jika ini terjadi, kemungkinan akan diperlukan pengobatan antibiotik. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan antibiotik harus selalu di bawah pengawasan dokter.

Pengobatan untuk gatal pada selangkangan perlu dilakukan sesuai dengan penyebab dasarnya. Jika Anda ragu mengenai penyebabnya, periksakan diri ke dokter. Dengan memeriksakan diri ke dokter dan menjalani tes medis yang sesuai, penyebab dasarnya bisa diketahui dan Anda pun bisa menerima pengobatan yang tepat.

Penyakit menular seksual umumnya memerlukan campur tangan dokter, contohnya, resep antibiotik untuk sifilis dan prosedur medis pengangkatan kutil.

Kondisi yang Harus Diperhatikan Selangkangan dan Vagina Gatal-gatal

  • Meski selnagkangan dan vagina gatal-gatal akibat jamur tidak berbahaya, namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda segera menemui dokter, seperti:
  • Gejala tidak membaik dalam waktu dua minggu, bahkan setelah menggunakan krim atau bedak anti jamur.
  • Gatal pada selangkangan dan vagina terjadi secar berulang-ulang.
  • Infeksi tampak makin parah

Untuk mengetahui lebih lanjut dokter bisa melakukan pemeriksaan disertai pengambilan sempel kulit di area yang bermasalah.

Tips Mengatasi Selangkangan dan Vagina Gatal-gatal

Tips yang dapat Anda lakukan agar gatal-gatal di tubuh Anda tidak menetap adalah
  • Jangan menggaruk area yang gatal cukup hanya mengelus-elus lembut aja.
  • Mengurangi konsumsi makanan pedas dan yang mengandung kafein dan minuman beralkohol
  • Kompres bagian yang gatal dendan duk yang sudah dibahasi dengan air hangat kuku.
  • Memotong kuku agar memperkecil kemungkinan Anda menggaruk.
  • Oleskan losion setiap habis mandi
  • Gunakan sabun yang lembut
  • Kurangi stress
  • Tidak menggunakan barang yang sama dengan orang lain seperti handuk, baju, celana dalam, dll
  • Mencuci celana atau pakaian setiap hari
  • Hindari membersihkan organ kewanitaan Anda dengan sabun pembersih berbahan kimia yang tinggi
  • Menggunakan celana dalam berbahan katun dan tidak terlalu ketat
  • Menjaga kebersihan diri
Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis kulit agar selangkangan dan vagina gatal-gatal yang Anda alami diperiksa engan seksama dan dapat diberikan penanganan lebih lanjut. Sebelum Anda ke dokter sebaiknya anda mengingat kapan Anda pertama kali merasakan gatal, apa saja gejala lain yang menyertai gatal tersebut seperti nyeri dan panas, apa saja obat-obatan yang sudah Anda konsumsi dan Anda gunakan untuk mengobati gatal yang Anda alami, apakah Anda sedang melakukan pola makan tertentu, apakah Anda sedang atau baru saja melakukan perjalanan ke suatu tempat.

Meski mengganggu tidak perlu khawatir jika Anda mengalami selangkangan dan vagina gatal-gatal. Yang penting utamakan kebersihan diri Anda, selain memberikan pengobatan yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Ketahui Selangkangan dan Vagina Gatal-gatal"

Posting Komentar