Sering Mengantuk Ternyata Dapat Mengganggu Kesehatan

Mengantuk termasuk hal yang wajar bagi semua orang. karena tidur merupakan kebutuhan vital manusia setiap hari. Sebagian orang menganggap, jika mengantuk terjadi akibat, adanya waktu tidur yang kurang.

Sering Mengantuk Ternyata Dapat Mengganggu Kesehatan
Sering Mengantuk Ternyata Dapat Mengganggu Kesehatan
Memang benar, namun bagaimana jika mengantuk sering muncul, kalau sering mengantuk ternyata dapat menganggu kesehatan. Padahal Anda sudah tidur cukup? Ternyata, sering mengantuk meskipun sudah tidur cukup patut diwaspadai, karena hal ini bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh Anda.

Segera konsultasikan pada dokter Anda, agar masalah sering mengantuk ini tidak menjadi masalah kesehatan yang serius. Lalu, kira-kira apa sajakah gangguan kesehatan yang ditandai dengan sensasi sering mengantuk? Untuk lebih jelasanya, mari baca artikel ini.

Mengantuk Dapat Menganggu Kesehatan

Dr. Raghu Reddy, Sleep Medicine Specialist dari Universitas Arkansas, Amreika Serikat mengingatkan waktu tidur yang hilang dalm lima jam selama seminggu dapat diganti dengan beristirahat selama akhir pekan. Namun, jika waktu tidur yang hilang yang sudah lebih dari 20 jam, maka sangat berbahaya dan bisa menganggu kesehatan tubuh, baik fisik maupun emosional.

Kalau sering mengantuk dapat mengganggu kesehatan, ini beberapa penyakitnya:

- Kurang Darah / Anemia

Anemia seringkali ditandai rasa letih dans ering mengantuk. Kurang darah menyebabkan tubuh kekurangan zat besi, sel darah merah yang dibutuhkan untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh. Akibatnya rasa mengantuk akan terus muncul sepanjang hari. Infeksi atau adanya peradangan dalam tubuh seringkali ditandadi dengan sensasi sering mengantuk dan letih. Karena itu, jika Anda mengalaminya, segera periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab dan juga cara mengatasinya.

- Gangguan Jantung

Adanya gangguan pada jantung seringkali ditandai dengan sensai sering mengantuk. Hal ini akibat suplai oksigen ke jantung yang kurang maksimal, untuk itu jangan pernah abaikan gejala sering mengantuk, karena bisa jadi masalah kesehatan yang serius.

- Diabetes

Penderita diabetes akan merasakan sensasi sering mengantuk akibat kadar gula darah yang tinggi dalam tubuhnya sehingga penggunaan insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan optimal.

- Gangguan Tiroid

Rasa mengantuk, letih dan lesu sepanjang hari patut diwaspadai, karena bisa jadi merupakan pertanda gangguan tiroid. Hal ini terjadi akibat kinerja kelenjar tiroid yang tidak optimal sehingga metabolisme tubuh menjadi lambat.

- Dehidrasi

Sering mengantuk dan kelelahan bisa jadi akibat kekurangan cairan atau dehidrasi, karena itu segera waspadai dan penuhi asupan cairan agar tidak menjadi masalah kesehatan yang serius.

- Depresi

Depresi menyebabkan seseorang susah tidur dan emosi. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan berakibat kelelahan dan sensasi sering mengantuk sepanjang hari.

- Risiko Stroke

Kesehatan jantung akan menurun bila Anda kurang waktu tidur. Hal ini bisa membuat aliran darah menuju ke otak menjadi terhambat sehingga bisa memicu terjadinya stroke.

- Kanker Payudara

Saat Anda kurang tidur, hormon melatonin yaitu hormon anti kanker akan menurun. Kurang tidur juga memicu meningkatnya kadar hormon estrogen (senyawa steroid yang berfungsi sebagai pemicu perkembangan organ seks). Ketika ini terus terjadi dalam siklus tidur, maka akan menyebabkan terjadinya kanker payudara pada wanita.

- Pola Makan

Waktu tidur yang kurang dapat menyebabkan terjadinya penurunan leptin yaitu sinyal rasa kenyang ke otak dan meningkatnya ghrelin yaitu hormon yang dapat merangsang nafsu makan. Jika ini terus terjadi, pola makan akan terganggu dan memungkinkan risiko penyakit lain terjadi pada tubuh.

Jika Anda mengalami sensasi sering mengantuk sepanjang hari tanpa sebab yang jelas, segera konsultasikan ke dokter agar segera diketahui penyebab pastinya.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Sering Mengantuk Ternyata Dapat Mengganggu Kesehatan"

Posting Komentar