7 Manfaat Beluntas Untuk Kesehatan

7 Manfaat Beluntas Untuk Kesehatan
7 Manfaat Beluntas Untuk Kesehatan
7 manfaat beluntas untuk kesehatan. Pernah mendengar nama beluntas hanya saja tidak begitu faham akan khasiat atau manfaat tanaman beluntas tersebut. Karena tanaman beluntas ini merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di hutan-hutan. Tentu saja tidak terfikirkan bahwa tanaman beluntas ini kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Nah saya akan memberikan penjelasan manfaat beluntas sebagai obat tradisional untuk kesehatan tubuh kita. Beluntas juga dikenal dengan nama latinnya Pluchea indica. Dan beluntas termasuk tumbuhan semak yang bercabang banyak. Tanaman beluntas bisa tumbuh tinggi sampai 3 meter. Beluntas dapat tumbuh di daerah kering pada tanah yang keras dan berbatu.

Daun pada beluntas bertangkai pendek, berselang seling, berbentuk bulat telur, unjung bundar melancip, yang dimana daun beluntas sudah lama digunakan di daerah Jawa sebagai untuk menghilangkan bau badan. Tanaman beluntas memilki buah berbentuk seperti gasing, berwarna cokelat dengan bersudut putih.


Kandungan Beluntas dan Khasiat Beluntas

Tanaman beluntas banyak dicari orang sebagai ramuan obat tradisonal, karena tanaman beluntas memilki kandungan yaitu alkaloid dan minyak asiri. Dari kandungan tersebut khasiat tanaman beluntas sebagai obat tradisional dapat mengobati berbagai penyakit yang sering dialami seperti demam, menghilangkan bau badan, peningkat nafsu makan, penurun panas, mengobati TBC, rematik.


7 Manfaat Beluntas Untuk Kesehatan

Beikut ini beberapa khasiat manfaat tanaman beluntas untuk kesehatan dan cara pengobatan menggunakan tanaman beluntas.


1. Manfaat Beluntas Mengatasi Rematik

Cara pengobatannya

Ambil 15 gram akar beluntas, dicuci bersih. lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Diminum 2 hari sekali pagi dan sore.


2. Manfaat Beluntas Menghilangkan Bau Badan

Cara pengobatannya

Ambil 15 gram beluntas, 5 gram buah pinang, garam dapur secukupya. Direbus dengan 3 gelas air sampai terisa sekitar 1 gelas air. Lalu disaring dan diminum airnya 2 kali sehari pagi dan sore. Diminum sekaligus 1 gelas.


3. Manfaat Beluntas Mengobati Demam

Cara pengobatannya

Ambil 15 gram daun beluntas segar, diseduh dengan air panas. Kemudian diamkan sejenak, lalu minum airnya. Minum selagi hangat.


4. Manfaat Beluntas Mengobati Penyakit TBC

Cara pengobatannya

Ambil batang dan daun beluntas, dicuci bersih tambah dengan gelatin dari kulit sapi, rumput laut ditim sampai lunak. Lalu dimakan.


5. Manfaat Beluntas Mengobati Gangguan Pencernaan Pada Anak

Cara pengobatannya

Ambil daun beluntas, dicuci bersih, lalu daun beluntas dicampurkan pada bubur saring atau nasi tim.


6. Manfaat Beluntas Mengobati Keputihan

Cara pengobatannya

Ambil 20 lembar daun beluntas, 4 potong temulawak, 4 ruas jari kunyit, seruas jari kencur. Dicuci bersih. Kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari pagi dan malam, masing-masing minum 1/2 gelas.


7. Manfaat Beluntas Mengobati Hipertensi

Cara pengobatannya

Ambil 2 genggan daun beluntas, dicuci bersih, dicuci bersih. Kemudian ditumbuk halus, tambahkan 2 gelas air masak dan garam sebesar biji asam, lalu diperas dan saring, diminum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.


Demikian informasi tentang 7 manfaat beluntas untuk kesehatan. Semoga bermanfaat untuk Anda yang memerlukannya. Selanjutnya bisa baca juga artikel kesehatn tentang manfaat jambu biji, manfaat sambiloto.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "7 Manfaat Beluntas Untuk Kesehatan"

Posting Komentar