Penyakit Batu Ginjal Pada Wanita

Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Ginjal yang fungsi kerjanya sebagai organ terpenting yang memilki peranan sebagai penyaring darah, mengeluarkan hasil metabolisme tubuh berupa urine dan mengatur kadar ion-ion di luar sel, seperti ion hidrogen, kalium, fosfat, natrium, dsb

Ginjal sama dengan organ tubuh penting lainnya yang memerlukan perhatian dan perawatan yang khusu agar fungsi kerjanya tetap berjalan baik. Apbila fungsi kerja organ ginjal mengalami gangguan akan mnyebabkan gangguan keseahatan pada organ ginjal yang diliputi beragam penyakit yang berbeda yang menyerang oragan gnjail, seperti radang ginjal, infeksi ginjal, hingga glomerulonephritis akuta (GNA). Namun masing-masing jenis penyakit ginjal memliki ciri dan gejala yang berbeda.

Air Merupakan Sumber Kesehatan Bagi Organ Ginjal

Secara umum air memang memberi pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan manusia besera orgna tubuh manusia dan sel-sel organ tubuh. Air putih menyimpan banyak manfaat yang luar biasa khususnya bagi organ ginjal, ginjal memang cukup banyak cairan guna untuk menjaga fungsi dan kerja organ ginjal tetap berjalan dengan optimal. Apabila tubuh kekurangan air akan mengakibatkan aliran darah di seluruh organ tubuh, jaringan dan sel tubuh lainnya menjadi terhambat, menyebabkan menurunnya metabolisme tubuh secara dramatis. Hal ini akan membebani kerja ginjal, oleh karenanya apabila seseroang yang terserang sakit ginjal dapat terlihat pada penampakan wajah yang terlihat lesu dan cepat merasa lemah.

Fakta Seputar Penyakit Batu Ginjal
  1. Para peneliti dan ilmuwan menemukan batu ginjal tertua pada mumi Mesir yang berusia 7000 tahun
  2. Menurut catatan para dokter, sebanyak 3 juta pasien mengalami keluhan pada ginjalnya, diperkirakan 1,5 juta pasien terdeteksi mengalami penyakit batu ginjal.
  3. Pada umumnya banyak orang yang mengalami penyakit batu ginjal ini dapat ditasi dengan sendirinya tanpa campur tangan dokter, apabila penyakit batu ginjal masih dalam stadium awal atau normal, maka batu ginjal akan keluar dengan sendirinya bersama urine. Namun jika penyakit sudah parah dan memburuk, maka diperlukan penanganan dari dokter ahli untuk mengeluarkan batu ginjal dengan cara pembedahan.
  4. Dari berbagai  infromasi, bahwa orang Kaukasia memilki resiko lebih besar terjangkit penyakit batu ginjal dibandingkan orang Afro-Amerika.
  5. 5 Penyakit batu ginjal umumnya banyak menderita kaum pria terutama pada usia 40 tahun dan semakin meningkat ketika usia 70 tahun. Wanita memliki resiko lebih kecil terserang penyakit batu ginjal, jika pun terjadi pada usia 5o tahun.

 Penyakit Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal Pada Wanita
Penyakit Batu Ginjal Pada Wanita
Batu Ginjal adalah suatu penyakit yang terjadi akibat adanya gumpalan batu ginjal seseorang. batu-batu ini merupakan kumpulan atau agregat dari beberapa partikel asing dan bahan-bahan limbah di dalam tubuh serta sel-sel kulit mati.

Sebagian besar kasus batu ginjal yang terjadi akibat agregat dari kalsium yang berasal dari suplemen kalsium yang dikonsumsi wanita. Karena itu sangat penting untuk mendeteksi adanya batu ginjal pada tahap awal. Karena jika batu ginjal ini diketahui sudah tahap akhir, maka bisa berakibat fatal.

Penyakit batu ginjal bisa terjadi pada siapa saja, tapi beberapa tahun terakhir kasus penyakit  batu ginjal pada wanita mulai meningkat. Karenanya kenali gejala yang umum dari batu ginjal pada permpuan. Peningkatan jumlah kasus batu ginjal pada perempuan kebnyakan disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Salah satunya adalah terlalu banyak mengonsumsi kalori dan sedikit protein, vitamin serta mineral.

Batu ginjal merupakan penyakit serius yang dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi , penyumbatan saluran kemih serta peradangan. Karenanya batu ini harus dikeluarkan sesegara mungkin dari dalam tubuh sebelum  timbul komplikasi ynag berbahaya. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh seperti mengonsumsi obat tertentu yang bisa menghancurkan batu dan dikeluarkan melaui urin, teknik radiasi dalam menghancurkan batu serta teknik pembedahan jika batu yang ada sudah terlalu besar.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Gejala dari penyakit batu ginjal ini adalah jika batu bergeser dan menggelinding dari ginjal ke saluran di bawahnya, timbul beberapa gejala :
  • Rasa sakit yang dimulai dari pinggang bawah menuju ke pinggul
  • Buang air kecil tidak tuntas
  • Terkadang urine bercampur dengan darah
  • Jika batu menyangkut di kandung kemih, timbul rasa nyeri diatas kemaluan pada waktu  kencing

Penyebab penyakit batu ginjal

  • Terlalu pekatnya kadar garam dalam urine sehingga mengendap menjadi batu dalam saluran kemih
  • Terlalu lama menahan kemih sehingga urin menjadi pekat
  • Kurang minum air putih sehingga jumlah urine yang dikeluarkan kurang
  • Terlalu banyak zat kimia yang terdapat di dalam urine, seperti kapur dan garam oksalat.
  • Kelebihan vitamin D, kadar asam urat, atau terlalu banyak mengonsumsi kalsium\

Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Para ahli menyarankan lebih baik menghindari penyakit ini, pencegahannya dengan cara:
  • Dengan banyak bergerak, maka aliran darah akan berjalan dengan lancar sehingga seluruh cariran tubuh akan melakukan sirkulasi secara normal.
  • Memperbanyak konsumsi air putih juga merupakan salah satu pencegahan timbulnya batu ginjal. Masuknya cairan ke dalam tubuh akan membuat keseimbangan terhadap carian tubuh yang keluar akibat aktivitas kerja yang dilakukan oleh tubuh
    Minum sebnyak 8 gelas per hari sangat disarankan oelh para ahli penyakit ginjal. Hal ini diharapkan akan menggantikan cairan yang keluar dari dalam tubuh selam satu hari.
  • Selain itu, cairan atau serta yang baik untuk tubuh dapat berasal dari buah-buahan ataupun sayuran untuk membantu mengurangi keasaman urine.

Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

Pengobatan medis yang dilakukan untuk mengobati penyakit batu ginjal dilakukan dengan cara menggunakan teknik laparaskopi yakni pembedahan dengan membuka sayatan dengan ukuran minimal (kecil) untuk mengangkat batu ginjal. Selain mengunkan teknik lapraskopi dapat pula dilakukan cara dengan menggunkan gelombang kejut (ESW) yang akan menhancurkan batu ginjal dan kemudian batu ginjal ini akan keluar bersam urine. 

Selain mengkonsumsi air putih secar rutin, mengatu pola makan, menerpkan gaya hidup sehat dan menghindari kebiasan buruk merupakan langkah terbaik dalam menjaga kesehatan tubuh dan kelangsungan dehidupan masusi dalam jangka panjang.

Dengan mengatur pola makan yang baik membiasakan diri kita untuk tetap disiplin, gaya hidup sehat misalnya denag menjaga kebersihan lingkungan disekitar baik dirumah maupun tempat kerja serta menghindari kebiasaan buruk seperti mengurangio kebiasan merokok, minuman bersoda, minuma alkohol, mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet dan kimia.

Hal terpenting adalah cobalah utnuk tidak selalu bergantung pada obat-obatan medis yang dikonsumsi dalam jangka panjang karena akan memberikan pengaruh pada fungsi kerja ginjal. Melakukan olahraga rutin dan menghindari stress merupakan kunci car hidup sehat dan seimbang, tidak lupa melengkapi kebutuhan nilai gizi lengkap bagi kebutuhan tubuh, fungsi organ tubuh beserta jaringan tubuh agar dapat bekerja dengan optimal, dengan cara tersebut dapat memperlambat dan mengurangai resiko dari penyakit apapun termasuk penyakit batu ginjal.

Artikel Selanjutnya >>

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Penyakit Batu Ginjal Pada Wanita"

Posting Komentar