Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Penyebab dan gejala penyakit kanker serviks. Salah satu penyakit yang menyerang sistem reproduksi yang dapat dialami oleh seorang wanita adalah kanker serviks. Kanker ini ternyata dapat mematikan layaknya kanker payudara. Banyak sekali wanita yang harus meninggal akibat menderita kanker serviks, terutama bagi mereka yang tinggal di negara berkembang.

Kanker Servik

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan serorang berisiko menderita kanker serviks.
  1. Infeksi menular seksual
  2. Berhubungan badan pada usia muda
  3. Merokok
  4. Bergonta-ganti dan juga seks bebas
  5. Penggunaan obat-obatan yang bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, contohnya obat yang diginakan untuk penderita penyakit autoimun.
Meskipun kanker serviks tergolong penyakit yang sangat mematikan, tetapi pada stadium awal, penyakit tersebut sering sekali menimbulkan tanda-tanda yang begitu berarti. namun apabila kanker sudah dideteksi berada pada stadium akhir, muncullah gejala-gejala seperti pendarahan, keputihan yang memilki bau yang tidak sedap, nyeri di sekitar panggul, dan juga sulit buang air kecil.


Penyebab dan Gejala Kanker Serviks

Selain itu terdapat pula beberapa tanda atau pun gejala kanker serviks lain yang pastinya harus anda waspada diantaranya :
  1.  Nyeri di bagian punggung, nyeri kaki, dan juga nyeri panggul
  2. Siklus menstruasi yang menjadi tidak teratur
  3. terjadi pendarahan yang tidak normal pada saat berhubungan badan
  4. Intermenstrual atau pendarahanyang terjadi di antara periode menstruasi
  5. Mudah lelah
  6. Penurunan berat bada karena menhilnagnya nafsu makan
  7. Terjadi pembengkakan pada sala satu kaki 
Untuk anda yang sudah aktif dalam berhubungan seksual, lebih disarankan untuk melakukan pap smear kira-kira setiap satu tahun sekali. Dan, apabila anda mempunyai ataupun merasakan salah satu gejala di atas. Anda bisa melakukan pap smear setiap 6 bulan ataupun 4 bulan sekali.

Selain dari pada itu, anda pun bisa melakukan vaksin HPV yang dapat menghindarkan anda dari HPV nomor 16 dan juga 18. Vaksin tersebut bisa lebih efektif apabila digunakan sebelum seseorang aktif secara seksual. WHO sendiri menyatakan vaksin HPV dilaksanakn untuk anak perempuan yang masih berusia 9-13 tahun.

Demikian penyebab dan gejala kanker servik, semoga dengan informasi ini bermanfaat untuk Anda. Untuk informasi kesehatan lainnya bisa baca-baca artikel di web kami yang dapat memberikan informasi untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Penyebab dan Gejala Kanker Serviks"

Posting Komentar