Tips Penderita Hipertensi

Tips Penderita Hipertensi
Tips Penderita Hipertensi
Tips penderita hipertensi, perubahan pola makan ketika berpuasa dan pada saat lebaran dapat memicu terjadinya lonjakan tekanan darah.  Apalagi, untuk mereka yang tidak dapat menghindari makan tinggi garam dan berlemak. Hal ini pula yang menyebabkan banyaknya masyarakat yang menderita serangan jantung dan stroke pasca lebaran.

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi tekanan di pembuluh darah saat darah mengalir ke seluruh tubuh melampui batas aman, yakni di atas 140/90 mmHg.

Siska Suridandani, Cardiologist dari National Cardiovascular Center Harapan Kita  Jakarta, menatakan sebagian kecil hipertensi disebabkan oleh gangguan pada organ yang bertanggung jawab untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh, seperti gagal ginjal kronis, adanya tumor kelenjar adrenal, atau gangguan pembuluh darah besar (coarctasio aorta).

"Hipertensi sangat sering tanpa gejal, sehingga untuk mengetahui seseorang memilki hipertensi adalah dengan pemeriksaan tekanan darah oleh tenaga kesehatan,"kata Siska.

Adanya hipertensi sering pula bersamaan dengan faktor kain yang meningkatkan risiko terjadinya komplikasi kardiovaskulerm seperti diabetes melitus (sakit gula), dan dislipidemia (gangguan kadar kolesterol), Sehingga pola makan harus benar-benar diperhatikan untuk menjaga gula darah dan kadar kolesterol.

Tips Penderita Hipertensi

Berikut ini tips untuk penderita hipertensu, diantaranya:
  • Upayakan pola makan rendah garam, rendah lemak, dan tinggi serat, misalnya dengan memperbanyak sayur, buah-buahan, produk  susu rendah lemak, ikan, kacang-kacangan, dan daging unggas. Utamakan hidangan yang dibakar atau dipanggang dan direbus. Periksa tekanan darah secara berkala.
  • Hindari konsumsi berlebihan tipe makanan tinggi kalorin lemak jenuh, kolesterol, dan trans fat, seperti makan dan minuman manis, daging merah, makanan olahan seperti mi instant, dan makanan beku lainnya yang banyak menagandung sodium dan vetsin, makanan yang digoreng dan digulai. Jika sulit menolak hidangan tersebut saat lebaran, upayakan minum hanya air putih untuk menghindari kalori berlebih.
  • Berhentilah merokok atau kebisaan-kebiasaan buruk lain yang dapat meningkatkan risiko komplikasi kardiovaskular.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Umum Bunda Maryo Haryono mengatakan kebutuhan kalori rat-rata masyarakat Indonesia adalah 1.300-1.1700 gram perhari. Pada saat lebaran sebaiknya mengonsumsi makan seimbang yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak.

Namun, hindari gorengan karena merupakan sumber lemak jenuh dan juga menyebabkan darah menjadi lebih kental, sehingga dampaknya jantung memompa lebih bertahan

Itulah beberapa tips untuk penderita penyakit hipertensi. Semoga bermanfaat untuk Anda

Ini lah tips penderita hipertensi semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu anda dan orang yang anda sayangi.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Tips Penderita Hipertensi "

Posting Komentar