Waspada Gangguan Pembuluh Darah Pada Area Perut

Gangguan Pembuluh Darah Pada Area Perut
Gangguan pembuluh darah tidak selamanya terjadi di area sekitar jantung. Kini gangguan tersebut juga bisa mengenai area perut yang ditandai dengan gangguan pada pembuluh aorta.

Dr Alezander Jayadi Utama Sp.B(K) V, spesialis badan vaskuler dan endovasculer RS. Premier Bintaro menjelaskan gangguan pembuluh darah aorta di area perut belum banyak di kenal masyarakat.

"Orang awam akan menghubungkan gangguan pembuluh darah dengan jantung. Padahal gangguan pembuluh darah bisa muncul di area perut," kata Dr Alexander di sela media gathering RS premier kemarin.

Gangguan pembuluh darah di area perut atau dikenal dengan aneurisma aorta abdominal (AAA) bermula dari melemahnya dinding secara progresif. Akibatnya bentuk pembuluh darah aorta sebagian menjadi menggelembung (bludge). Pembuluh darah aorta didaerah perut bertanggung jawab untuk mensuplai darah kedua tungkai, saluran pencernaan dan kedua ginjal.

Ini adalah pembuluh arteri terbesar ditubuh manusia yang memiliki saluran bermula dari jantung kemudian masuk ke rongga dada dan masuk je rongga perut.

AAA kata Dr Alexander dapat semakin membesar secara kontinue dan akhirnya dapat terjadi ruptur atau pecah. Bila dibiarkan tanpa penanganan yang tepat bisa menimbulkan pendarahan internal yang hebat yang berujung pada kematian.

"Selain resiko pecah adanya dari debris dapat terbentuk di dalam kantung aneurisma. Substansi ini dibawa ke seleruh tubuh sesuai aliran darah dan pada akhirnya akan menyumbat peredaran darah. Akibatnya bisa saja daerah yang tersumbat menjadi nyeri hebat atau bahkan samapai pada resiko amputasi jika aliran darah tersumbat menjadi nyeri hebat atau bahkan sampai pada risiko amputasi jika aliran darah tersy=umbat total utnuk jangka waktu yang lama, " sambung Dr Alexander.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Waspada Gangguan Pembuluh Darah Pada Area Perut"

Posting Komentar