10 Penyebab Kematian Tertinggi Di Dunia

10 Penyebab Kematian Tertinggi Di Dunia
10 Penyebab Kematian Tertinggi Di Dunia
Para peneliti di bawah koordinasi Institute For Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington baru-baru ini merilis daftar 10 penyebab kematian tertinggi di dunia.

Menurut World Health Organization (WHO) diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2014. Sekitar dua pertiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskuler,kanker, diabetes, dan penyakit paru kronik.

Kematian memang merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Terdapat jutaan manusia meninggal setiap tahunnya karena berbagai penyebab. Menurut World Health Organization (WHO), diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskuler, kanker, diabetes, dan penyakit paru kronik. Sisanya disebabkan oleh penyakit infeksi menular, masalah maternal (ibu), perinatal (bayi/anak), nutrisi, dan kecelakaan lalu lintas.

Berikut ini adalah penyebab kematian tertinggi di dunia menurut WHO:

  1. Penyakit Jantung koroner
  2. Stroke
  3. Infeksi saluran napas bawah
  4. Penyakit paru obstruktif kronik
  5. Diare
  6. HIV/AIDS
  7. Kanker paru
  8. Diabetes Melitus
  9. Kecelakaan lalu lintas
  10. Prematuritas

Penyebab Kematian Tertinggi Di Dunia

Penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke) telah membunuh 17 juta manusia di dunia, berarti 3 dari 10 kematian disebabkan oleh penyakit ini. WHO menyebutkan bahwa rokok bertanggung jawab atas jumlah kematian tersebut. Tidak hanya penyakit kardiovaskular, rokok juga menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik dan kanker paru. Dalam hal ini, rokok bertanggung jawab atas 1 dari 10 kematian di dunia.

Lain halnya dengan orang dewasa, pembunuh terbanyak pada anak-anak adalah infeksi paru-paru (pneumonia), prematuritas, asfiksia, dan diare. Sekitar 7 juta anak meninggal sebelum usia 5 tahun dan hampir semuanya (99%) terjadi di negara miskin dan berkembang.

Apa pentingnya kita mencari tahu penyebab kematian tertinggi di dunia?


Dengan mengukur jumlah orang yang meninggal setiap tahunnya dan mengetahui penyebabnya, kita dapat menyadari betapa pentingnya hubungan antara suatu penyakit atau kecelakaan dalam mempengaruhi status kesehatan seseorang. Sebagian besar penyakit-penyakit di atas sebenarnya dapat dicegah. Data tersebut juga dapat membantu suatu negara untuk meningkatkan kualitas kesehatan rakyatnya dengan memulai program-program yang dapat mencegah penyakit-penyakit tersebut. 

Dan untuk itu kita harus sadar dari sekarang pentingnya dari kesehatan. Semoga dengan artikel 10 Penyebab Kematian Tertinggi Di Dunia ini dapat membantu Anda.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

4 Responses to "10 Penyebab Kematian Tertinggi Di Dunia"

  1. Sangat bermanfaat... terima kasih infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama2 mas.. mari kita untuk mulai untuk hidup sehat

      Hapus
  2. jadi mikir klo mau merokok, bahaya nya no 1 ternyata, makasih info sehat nya sist..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama2 mas. iya merokok salah satu penyebab kematian. ayo mas jangan sampai merokok. ajakin teman2 nya supaya berhenti merokok.

      Hapus