6 Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat

6 Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat
Berhenti Merokok
Cara Berhenti Merokok. Apakah Anda perokok aktif dan ingin berhenti merokok selamanya? Merokok bisa menyebabkan adanya gangguan kesehatan dalam tubuh Anda. Jika Anda seorang perokok baiknya Anda mencoba untuk berhenti dari kebiasaan buruk Anda tersebut. Berikut ini ada beberapa Tips ampuh cara berhenti merokok secara alami.

Kebiasaan merokok merupakan pemicu beberapa penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke, kanker, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, emfisema, dan juga dapat menghambat proses perbaikan dan pertumbuhan otot.

Adapun bahan-bahan kimia (racun) yang terkandung dalam rokok seperti:
  • Nikotin
    Nikotin yang menyebabkan perokok merasa rileks
  • Tar
    Tar yang terdiri dari lebih 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia diantaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida
    Senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene
    Benzene juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium
    Sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol
    Metanol (alkohol kayu), alkohol yang palin sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Arsenik
    Bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon Monoksida
    Bahan kimia yang ditemukan dalam asap buangan mobil.
6 Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat
Berhenti Merokok

Cara Berhenti Merokok

Dan masih banyak lagi bahan-bahan yang berbahaya lainnya yang dapat merusak kesehatan Anda. Nah, jika Anda ingin terbebas dari kebiasaan merokok, Anda bisa memulainya dengan 6 cara berhenti merokok:

1. Yakinkan Diri Anda Sendiri

Membekali diri dengan keyakinan dan tekad yang kuat untuk berhenti merokok adalah moal utama yang harus Anda milki. Berhenti merokok lebih dari sekedar mengucapkannya dengan perkataan, lebih dari itu yakinlah diri Anda untuk benar-benar kuat dalam melalui hambatan dan godaan selama proses berhenti merokok.

2. Kurang Secara Berkala

Kebiasaan yang sudah anda lakukan bertahun-tahun tentunya akan sulit jika dihentikan secara mendadak. Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya kurangi batang rokok yang anda isap setiap hari. Jika sebelumnya anda menghabiskan 3-4 batang rokok, Anda bisa kurangi secara bertahap menjadi 1-2 batang saja per hari, hingga anda benar-benar tidak menghisap sama sekali.

3. Kenali Saat Dimana Anda Sering Merokok

Temukan saat-saat dimana Anda paling sering merokok, dan temukan pula solusi untuk menghindari saat-saat tersebut. Misalnya, seseorang akan cendrung merokok saat pikiran suntuk dan stres. Bila demikian, lebih baik hindari keinginan merokok dengan melakukan aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatian anda dari kebiasaan merokok, contohnya berolahraga.

4. Makanlah Secara Teratur

Bagi para perokok, terkadanag rasa lapar sering disalah artikan sebagai keinginan untuk merokok. Nah, untuk menghindari hal ini, makanlah secara teratur. Mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi seperti  sayuran dan buah-buahan akan membantu Anda mengurangi keinginan merokok.

5. Rajinlah Berolahraga

Berolahraga seperti jalan kaki dan jogging setiap hari akan meningkatkan mood dan kesegaran serta meningkatkan energi anda. Berjalan juga menjadi cara yang baik untuk menghilangkan stres jauh lebih baik dari merokok.

6. Tahan Keinginan Anda

Setiap Anda merasakan dorongan untuk merokok, tunggulah 5 menit sebelum Anda menyalakannya. Di hari berikutnya perpanjang menjadi 10 menit begitu seterusnya. Dengan cara itu tubuh anda akan menyadari bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang secara perlahan.

Berhenti merokok adalah pilihan yang tepat bagi kesehatan, namun membutuhkan tekad yang kuat dalam diri kita sendiri untuk melaluinya. Motivasi dan konsistensi adalah hal yang dibutuhkan jika Anda ingin benar-benar terlepas dari keebiasaan buruk ini.

Intinya cara berhenti merokok dengan cepat dan efektik bersumber pada diri Anda sendiri. Sekuat apa keinginan dan niat  itu ada di dalam diri Anda. Mulailah untuk hidup sehat dengan berhenti merokok hari ini. 

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "6 Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat"

Posting Komentar