Akhirnya Ilmuwan Menemukan Vaksin HIV

Akhirnya Ilmuwan Menemukan Vaksin HIV
Akhirnya Ilmuwan Menemukan Vaksin HIV
Peneliti melaporkan suatu gebrakan yang dapat mengubah dunia yaitu ilmuwan menemukan vaksin HIV, penemuan baru tentang antibodi yang dapat menetralisir AIDS.

Untuk pertama kalinya di dunia, uji coba vaksin untuk mencegah penularan virus AIDS akhirnya memberikan hasil yang menggembirakan. Sebelumnya, setelah sejumlah kegagalan uji coba, para ahli berpikir vaksin HIV adalah hal yang mustahil.

Menurut badan dunia tentang AIDS, UNAIDS, diperkirakan 7.500 orang setiap hari terinfeksi HIV dan lebih dari dua juta orang meninggal akibat AIDS pada tahun 2007.

Infeksi HIV merupakan infeksi molekuler yang intensif bermulai dari saat virus menginfeksi inang baru hingga munculnya penyakit AIDS. Perkembangan AIDS bukan karena tubuh kita dapat melawan HIV, namun akibat pertahanan tubuh yang semakin melemah di saat virus tetap bertahan.

Saai ini, peneltian yang dipimpin oleh Barton Haynes, Direktur di Duke University Human Vaccine Institute di Duke University School of Medicine, berpendapat bahwa mereka menemukan jalan untuk membantu sistem imun manusia.

Dimulai saat infeksi, sistem imun kita langsung aktif dan mengeluarkan antibodi untuk menghancurkan virus HIV.

Ilmuwan menguji coba prototipe vaksin bernama eCD4-lg. Mereka menciptakan virus AIDS khusus untuk hewan. Para ilmuwan telah mengambangkan sebuah vaksin HIV dan berencana untuk mulai menjalankan uji coba pada monyet tahun ini.

Para ilmuwan menyebutkan, pada perkembangan yang terjadi di tahap sekarang, vaksin ini memang belum bisa secara total melenyapkan virus dari organisme. Namun, vaksin ini dapat mengurangi penyebarannya. Pada mereka yang terinfeksi, vaksin ini tidak menurunkan kekebalan tubuh dan mentrasmisi virus.

Pada minggu-minggu pertama, antibodi ini pada umumnya sukses mengeliminasi hampir semua virus namun tetap ada beberapa virus tersisa yang tidak dapat terdeteksi.

Virus-virus yang tidak terdeteksi ini, akan bermutasi dan berkembang biak sampi terbentuk antibodi baru unutk membunuh mereka.

Hingga mecapai suatu titik dimana pembunuhan dari virus memicu replikasi yang lebih banyak sampai tubuh tidak sanggup lagi melwan virus.

Akhirnya Ilmuwan Menemukan Vaksin HIV

Bagaiman cara kerja vaksin HIV?

Seperti yang diterbitkan dalm jurnal “Nature”, dalam penelitannya Haynes mengumpulkan dan menyimpan sampel darah dari 400 pasien, dimulai dari saat infeksi HIV.

Haynes menemukan bahwa "neutralizing antibody" muncul setelah 14 minggu infeksi yang dapat berkaitan baik dengan virus HIV.

Antibodi ini dapat menjadi senjata melwan virus. dan merupakan target kuat untuk pembuatan vaksin.

Haynes berkata bahwa mereka sudah menemukan cara kerja antibodinya namun yang sekarang sedang dicari adalah bagaimana cara mempergunakan antibodi ini untuk vaksin.

Dalam penelitian ini, ia menemukan bahwa semua individu yang terinfeksi oleh HIV, mengeluarkan antibodi ini, namun virus HIV meneglabui sitem imun tubuh.

Haynes berpendapat bahwa setiap individu mempunyai cara sendiri untuk melawan HIV, saat ini Haynes dan kolega sedang melakukan peta jalur dari apa yang memicu keluarnya antibodi pada setiap individu.

Ia berharap dapat ditemukan jalur yang sama atau mirip antar individu, dimana kesamaan ini dapat memberi harapan perkembangan vaksin.
Artikel Selanjutnya >>

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Akhirnya Ilmuwan Menemukan Vaksin HIV"

Posting Komentar