Kanker Mata Pada Anak

Kanker Mata Pada Anak
Kanker Mata Pada Anak
Kanker mata tentu bisa menyerang siapa saja dan tidak terkecuali anak-anak. bahkan. kanker mata dapat mengakibatkan kebutaan dan juga kematian. Kanker mata pada anak merupakan sebuah kanker yang terjadi pada retina. Kita pasti mengetahui bahwa retina merupakan tempat yang berfungsi sebagai penerima cahaya, dan bagian retina merupakan bagian yang sangat peka terhadapa cahaya.

Kanker Mata (retinoblastoma) adalah kanker yang terjadi pada daerah belakang mata yang peka terhadapa cahaya (pada retina). Kanker mata dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, namun pada umumnya penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur kurang dari 5 tahun. Berdasarkan peneletian American Cancer Society, banyaknya anak-anak yang didiagonosis terserang kanker mata mencapai 200 orang setipa tahun. Kanker dapat menyerang salah satu maupun kedua mata dengan car menyebar ke kantung mata dan ke otak (melalui saraf penglihatan).

Kanker Mata Pada Anak


Penyebab Kanker Mata Pada Anak

Sejatinya, apa saja penyebab kanker mata pada anak? Penyebab kanker mata pada anak yang paling utama adalah karena faktor genetic dimana anak bisa meningkatkan risiko hingga 45 persen apabila ada salah satu dari orang tua mereka yang terkena kanker mata. Kemudian, penyebab lainnya bisa berupa lingkungan, pengaruh sinar matahari, dan zat kimia yang ada di sekitar anak.

Gejala Kanker Mata Pada Anak

Beberapa gejala kanker mata pada anak yang patut untuk Anda ketahui adalah sebagi berikut
  • Pupil berwarna putih. Mata juling (strabismus). Mata nyeri dan merah
  • Gangguan penglihatan. Iris pada kedua mata memliki warna yang berlainan. Terjadi kebutaaan
  • Bercak putih pada bagian tengah mata
  • Juling mendadak
  • Mata kemerahan
  • Mata memantulkan caha seperti mata kucing
Gejala-gejala yang disebutkan merupakan gejala yang termasuk gejala awal. Apabila telah penyakit kanker mata termasuk dalam kategori stadium tingka tinggi, gejal fisik yang diperlihatkan adalah bercak putih semakin membesar bahkan mata akan menonjol keluar. Sebelum makin parah konsultasikan kepada tim medis masalah kesehatan Anda atau anak Anda.

Pencegahan Kanker Mata Pada Anak

Kanker mata merupakan salah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan sehingga cara yang paling utama adalah pencegahannya. Berikut adalah teknik pencegahan kanker mata pada anak.

Ada beberpa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker mata pada anak :
  • Mengenali gejala kanker mata pada saat anak baru terkena penyakit tersebut. Kanker mata yang masih berusia dini atau masih dalam tahap stadium awal biasanya masih dapat disembuhkan. Apabila orang tua tidak mengetahui gejala kanker mata dan kemudian mereka terlambat menyadarinya, maka anak akan sulit untuk disembuhkan.
  • Jaga pola makan pada anak Anda. Usahakan untuk terus selalu mencukupi kebutuhan gizi berupa vitamin A, vitamin E dan Vitamin C
  • Perhatikan bahan kimia yang ada disekeliling anak terutama yang berkaitan dengan sabun dan shampoo. Gunakanlah shampoo dan sabun yang aman dan terpercaya.
  • Selalu jauhkan anak dari radiasi sianr x, radiasi handphone, serta komputer juga, Anda disarankan untuk terus menjaga kebersihan anak.
Itulah beberapa pengertian, penyebab, gejala dan pencegahan kanker mata pada anak yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Kanker Mata Pada Anak"

Posting Komentar