Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak

Ini biasa nya terjadi pada ibu-ibu yang menghadapi masa tumbuh kembang sang anak, mereka pasti bingung apa saja makanan yang baik untuk perkembangan otak anak mereka. Mari bersama sama kita membahas tentang itu.

Berikan nutrisi yang terbaik untuk perkembangan otak anak sedari dini mungkin. Tiga tahun pertama kehidupan anak anda adalah periode emas untuk pertumbuhan otak nya. pada masa ini otak anak berkembang dengan pesat, dan sangat aktif menyerap berbagai informasi dari lingkungan.

Karena pekerjaan otak anak sangat berat, dan kompleks pastikan anda memberikan asupan makanan yang menunjang hal tersebut. Apa yang anak anda konsumsi akan mempengaruhi fokus dan kemampuan kognitifnya. Waktu makan bagi naka sama pentingnya seperti waktu belajar dan bermain.

Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak
Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak

Makanan yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak

Berikut adalah jenis-jenis makanan yang baik untuk perkembangan otak anak:

  • Telur

    Telur kaya akan protein dan mengandung kolin, omega-3, Seng, dan lutein yang membantu anak berkonsentrasi lebih baik. Anda dapat menyajikan telur dengan berbagai cara, orak arik, mata sapi, dadar, atauy di campur dengan bahan makanan lainnya.

  • Yoghurt

    Kandungan lemak dan protein dalam yoghurt baik untuk pembuatan selubung sel saraf pada otak yang berperan menerima dan mengirim informasi. Anda dapat memilih rasa yoghurt yang di sukai anak anda atau menyajikan yoghurt tawar dengan buah-buahan segar.

  • Sayuran Hijau

    Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, buncis, Kubis, dan lain-lain kaya akan asam folat dan berbagai vitamin lainnya. Nutrisi tersebut penting untuk memperkuat memory dan mencegah demensia pada masa tua.
    Agar disukai anak anda dapat menyajikan sayuran bersama dengan mkanan lain, seperti bakpao, telut, pizza dan lain sebagainya.

  • Kembang Kol ungu

    Sayur ini rendah lemak namun kaya akan serat, asam folat dan vitamin B6 yang membantu pengaturan emosi, memori dan fokus.


  • Ikan

    Ikan kaya akan vitamin D dan Omega-3, yang berfungsi melindungi otak anak dari penurunan kemampuan kognitif dan demensi. Beberapa jenis ikan yang dapat anda pilih adalah salmon, Tuna Dan Sarden. Anda dapat mengolah nya dengan berbagai cara, seperti menggoreng menumis dan memanggangnya.

  • Daging Rendah Lemak

    Lemak dalam daging dapat menyimpan pestisida atau antibiotik  yang biasanya ikut terserap ke dalam daging hewan . oleh karena itu pilihlah daging yang sedikit lemak karena zat zat tersebut dpat berbahaya bagi otak.

  • Kacang dan Biji-Bijian

    Makanan ini kaya akan protein, asam lemak esensial, Vitamin dan Mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Ada banyak pilihan untuk di sajikan  kepada anak, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang kedelai, kacang merah dan lain-lain.

  • Oatmeal

    Dengan kandungan protein dan serat, makanan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan memori anak selain itu oatmeal juga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Anda dapat menyajikan oatmeal dengan susu dan buah buahan untuk rasa yang lebih nikmat.

  • Apel

    Apel kaya akan serat larut yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Selain itu buah merah ini juga kaya akan antioksidan yang dapat memerangi penurunan kempuan kognitif.

  • Kunyit

    Krkuma yang terkandung dalam kunyit dapat membantu pertumbuhan dalam otak. Selain itu, kurkuma juga dapat mencegah terjadinya peradangan dan perkembangan penyakit alzheirmer.

  • Buah Beri

    Buah buahan seperti Stroberi, rasberi, blueberry, dan black berry kaya akan antioksidan yang emlindungi selubung sel saraf dari kerusakan. anda dapat menyajikan dalam bentuk yoghurt, smoothie, atau di campur dengan oatmeal.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Otak Anak"

Posting Komentar