Saran Dokter Cara Mengatasi Galau

Saran Dokter Cara Mengatasi Galau
Saran Dokter Cara Mengatasi Galau
Apa Anda sudah tau apa itu galau? dan Apa Anda sudah tau cara mengatasi galau? setiap orang pasti pernah megalami kegalauan. Galau kosakata yang menghiasi keseharian generasi muda zaman sekarang.

Galau adalah sebuah bahasa atau istilah mengungkapkan perasaan tak enak atau tak karuan, didalamnya yang dalam bahasa inggris namanya Confuse, atau kurang lebih yang mendekati itu, karena memang ini istilah baru bagi mereka (yang katanya) Gaul.

Istilah yang sudah gak asing lagi bagi kalangan anak muda jaman sekarang, bahkan istilah ini sudah mulai merebak hingga kalangan orang tua mulai menggunakannya, sehingga sedikit kalau ada apa-apa langsung bilang aku galau, padahal zaman dahulu cukup dengan ungkapan "aku sedang pusing, pening dan sebagainya.

Secara medis, galau perlu diwaspadai sebagai cabang masalah kesehatan gangguan yang paling rendah. jika tidak diatasi dengan baik makan kegalauan dapat menjurus kepada masalah kesehatan mental yang lebih serius dan menyulitkan seperti stres, depresi, gangguan cemas, gangguan panik dan lainnya.

Cara Mengatasi Galau 

Faktor yang menyebabkan Galau

  • Punya banyak masalah
  • Akan menghadapi sesuatu
  • Mendapat masalah besar
  • Mengkhawatirkan sesuatu
  • Memikirkan sesuatu yang tidak jelas

Untuk itu, ketika masih dalam tahapan yang paling rendah, kegalauan seseorang perlu segera ditangani. Ada banyak cara untuk mengatasi galau. misalkan dengan curhat (mencurhtakan isi hati), konseling dengan tenaga medis, dan relaksasi.

Lebih jauh lagi bila kegalauan sudah masuk ke dalam tahap yang lebih serius maka diperlukan terapi perilaku dan juga obat-obatan untuk mengatasi kegalauan.

Relaksasi sebagai salah satu metode cara untuk mengatasi galau, dapat dilakukan sendiri.

Saran Dokter Cara Mengatasi Galau

5 langkah yang dapat dilakukan sendiri cara mengatasi galau 

  1. Ambil waktu untuk tenang
    Pilihlah suatu waktu untuk menenangkan diri, baik sebelum tidur atau sesaat setelah bangun atau ketika siang hari.
  2. Matikan dan hindari semua perangkat teknologi
    Jauhkan diri dari kebisingan teknologi untuk sesaat. Matikan telepon genggam, samrtphone, tablet, laptop, komputer dan lainnya untuk sesaat.
  3. Sediakan waktu 20 menit
    Ambil waktu 20 menit setiap hari untuk melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang mengganggu dan membebani.
  4. Relaksasi otot
    Dalam 20 menit tersebut, biarkan otot-otot di seluruh tubuh Anda menjadi rileks. Lepaskan semua ketegangan.
  5. Latihan Pernapasan
    Dalam 20 menit tersebut,  lakukan teknik pernapasan dalam dengan menarik dan membuang napas dalam, secara teratur dan berirama. Lakukan perlahan-lahan dan santai.
  6. Penuhi nutrisi dan gizi seimbang
    Jika Anda belum mengetahuinya, ada beberapa nutrisi yang mengambil peran penting kenapa kita mudah cemas, stres, depresi dan galau. Salah satunya adalah zat besi. Selain depresi, anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan kesulitan konsentrasi, penurunan kecerdasan, mudah lelah, lemas, cemas, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, kerontokan rambut, dan autisme pada anak.
Pada saat latihan relaksasi, kita akan merasa jauh lebih santai, namun segera setelah kembali beraktifitas, kegalauan itu akan muncul kembali.

Hal ini termasuk wajar. Diperlukan latihan yang konsisten dan teratur hingga beberapa minggu sehingga kita dapat mengatasi dan mengendalikan kegalauan dalam diri dan merasa lebih rileks. Mampu mengatasi kegalauan akan membantu kita tidak terjatuh dalam masalah mental yang lebih berat lagi di kemudian hari.

Inilah saran dokter cara mengatasi galau, artikel ini dijelaskan dengan bahasa ringan dan meremaja, jadi sangat cocok dijadikan bacaaan bermutu bagi Anda untuk membantu menemukan jati diri, sekaligus memberikan kekuatan dan motivasi saat galau tengah datang menghantui hati dan pikiran Anda.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Saran Dokter Cara Mengatasi Galau"

Posting Komentar