Bahaya Hubungan Intim Saat Haid

Bahaya Hubungan Intim Saat Haid

Pada umumnya orang  menghindari melakukan hubungan intim saat haid. Dan orang selalau bertanya apakah bahaya hubungan intim saat haid?? Meskipun sebagian besar alasan orang tidak melakukannya karena faktor moralitas atau karena dilarang agama.

Melakukan hubungan intim saat haid tidak akan berdampak buruk pada Anda maupun pasangan. Akan teatapi Anda harus memastikan sebelumnya bahwa Anda dan suami terjamin bebeas  dari infeksi kemaluan.

Apabila Anda atau suami ada yang memilki infeksi pada kelamulannya maka dengan melakukan hubungan intim saat jaid akan memudahkan kuman untuk masuk ke dalam rahim sedang dalam kondisi terbuka sehingga memudahkan untuk terjadinya infeksi saluran reproduksi.

Disamping itu, melakukan hubungan intim saat haid juga akan meningkatkan resiko bagi suami tertular beberapa penyakit tertentu melalui darah Anda, karena darah merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya kuman penyakit.

Karena itu, memang disarankan untuk tidak melakukan hubungan intim saat haid atau gunakanlah kondom jika Anda ingin melakukan hubungan intim saat haid.

Bahaya Hubungan Intim Saat Haid

Berikut ini beberapa bahaya hubungan intim saat haid secara medis:

1. Tingkatkan resiko tertular penyakit seksual lebih besar

Saat haid leher rahim wanita akan terbuka sehingga ketika melakukan hubungan intim dan kemungkinan bakteri atau jamur berbahaya masuk ke dalam rahim yang akan mengganggu ekosistem setempat.

Begitu juga misalnya saat penetasi terjadi, kemungkinan ada luka kecil yang muncul pada penis atau dinding rahim akibat gesekan terus menerus. Darah haid yang tidak steril atau sperma yang menagndung kuman bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Laura Berman, PhD, seorang seksolog Universitas Kedokteran Chicago/ Laura mengatakan bahwa virus HIV/AIDS dan hepatitis akan lebih mudah menular pada pasangan jika ngeseks saat menstruasi.

2. pH atau tingkat keasaman area vagina yang rendah

Asam pada vagina berguna untuk membunuh bakteri yang berbahaya. Pada saat haid tingkat pH atau keasaman vagina akan berkurang, jika saat itu hubungan intim dilakukan maka bakteri yang masuk ke vagina akan sulit dikendalikan oleh lebih mudah menjangkiti.

3. Endometriosis

 Meski tidak selalu tetapi jika wanita yang sedang haid dan melakukan hubungan intim sampai mengalami orgasme maka akan menyebabkan terjadinya kontraksi yang kuat pada rahim. Saat kontraksi terjadi, darah kotor bisa masuk ke dalam tubuh melalui saluran telur dan menimbulkan endometriosis pada wanita.

4. Emboli

 Saat penetrasi seks dilakukan kemungkinan akan terjadi gelembung udara. Ketika haid kemungkinan ada pembuluh darah yang terbuka, jika gelembung udara tersebut masuk ke aliran darah dan menghambat perdaran darah di area jantung akan berdampak berbahaya.

Demikian beberapa bahaya hubungan intim saat haid. Lebih baik selama masa tersebut, suami istri istirahat untuk hubungan intim ataupun jika tetap ingin, maka lakukanlah seks yang tanpa penetrasi misalnya dengan oral seks atau mengocok saja.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

2 Responses to "Bahaya Hubungan Intim Saat Haid"

  1. Kalau pakai kondom apa bisa kena juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih bagus jangan dulu untuk hubungan intim, kasian sama si istrinya.. apalagi lagi haid.

      Hapus