Waspada Penyakit Jantung

Penyakit Jantung
Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling mematikan yang senantiasa mengahantui warga dunia. Mengingat hampir setiap saat ada saja kematian yang disebabkan karena penyakit tersebut apalagi untuk negara berkembang seperti di Indonesia. Dibandingkan jenis penyakit lainnya jantung memang menjadi yang paling berbahaya karena merupakan organ vital yang menopang segala macam aktivitas manusia.

Berdasarkan medis Jantung merupakan satu organ terpenting dalam tubuh. Organ yang berukuran sebesar kepalan tangan ini berfungsi memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. 

Waspada Penyakit Jantung

Penyakit jantung dalam arti luasnya yang berhubungan dengan sejumlah penyakit yang mempengaruhi jantung. Kadang tanpa kita sadari dengan gejala dan tanda penyakit jantung. Berbagai penelitian telah banyak dilakukan untuk mengenali gejala dan tanda seseorang terkena penyakit jantung dari mulai bayi, remaja, dewasa dan juga orang tua.

Biasanya, jika seseorang menderita penyakit jantung tertentu akan ada gejala-gejala yang timbul termasuk juga pada penyakit jantung. Sehingga dengan mengetahui gejala yang timbul seseorang bisa didiagnosa penyakit tertentu. 

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung

1. Sakit Pada Bagian Kepala
Sakit pada bagian kepala jika terkena sinar matahari juga bisa saja merupakan tanda seseorang bermasalah dengan jantungnya. Pengaruh ini bisa saja menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat. Pada wanita juga harus waspada jika mengalami migrain karena menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of Eurology sakit kepala pada penderita penyakit jantung bisa saja akibat dari terjadinya penyimpanan sirkulasi darah.

2. Nyeri Dada
Orang yang terkena penyakit jantung bisa saja dari gejala nyeri pada bagian dada, namun nyeri dada tidak hanya merupakan gejala awal penyakit jantung, bisa saja karena penyakit lainnya. Untuk memastikan hal tersebut maka dari itu harus berhati-hati dan segera memeriksakan diri pada dokter ahlinya. Nyeri dada pada seseorang yang terkena penyakit jantung karena penyumbatan arteri yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir menujun seluruh tubuh.

3. Sakit Pada Bagian Tubuh
Karena arteri tersumbat menimbulkan sakit pada bagian tubuh tertentu seperti jika pada wanita akan merasakan sakit pada tangan bagian kiri atau kanannya sedangkan pada laki-laki bagian kirinya, selain pada bagian tangan, bagian tubuh sering terasa sakit adalah bahu, punggung siku juga leher yang sewaktu-waktu hilang timbul.

4. Merasa Mudah Lelah
Pada penyakit jantung salah satunya juga adalah merasa lelah padahal seseorang tersebut baru saja bangun tidur dan tidak melakukan aktivitas berat apapun. Jika hal ini terjadi tentu saja harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter untuk memastikan keadaan tubuh.

 5. Sesak Napas
Jika seseorang mengalami sesak napas bisa saja karena diakibatkan oleh pembuluh darah yang menghambat aliran darah yang didistribusikan keseluruh tubuh yang dapat menyebabkan tidak teraturnya denyut jantung, penebalan pada otot jantung dan juga katup jantung yang mengalami kelainan.

6. Merasa Mual
Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan merasakan mual sehingga menrunkan nafsu makan, pada awalnya bagian perut yang membengkak saja namun perut bagian dalam juga merasakan mual juga.

7. Rasa Cemas
Biasanya orang yang mengalami serangan jantung mengalami trauma sehingga menimbulkan rasa tegang, ketakutan, dan juga kecemasan, rasa cemas ini tentu saja harus dihindari karena merupakan pemicu munculnya kembali serangan jantung. Oleh karena itu dianjurkan untuk tetap dan sebisa mungkin untuk menghilangkan cemas.

8. Pembengkakan
Dari seseorang yang menderita penyakit jantung adalah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti pada bagian perut atau bagaian pergelangan kaki, ini terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh.

9. Keluar Keringat
Masalah pada jantung lainnya adalah seseorang harus waspadai jika tubuh mengeluarkan keringat sedangkan tubuh tidak melakukan olahraga atau aktivitas apa-apa.

Jika seseorang mengalami tanda dan gejala penyakit jantung di atas lantas jangan langsung menyimpulkan bahwa seseorang tersebut menderita penyakit jantung, bisa saja penyakit lainnya yang hampir sama dengan gejalnya dengan penyakit jantung. Yang penting segera konsultasikan dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan.

Penyebab Penyakit Jantung

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung:
1. Kebiasaan merokok
2. Pola hidup yang buruk
3. Kadar kolesterol yang tinggi
4. Hipertensi
5. Penyakit Diabetes
6. Kelebihan berat badan atau Obesitas
7. Faktor usia (makin tua usia seseorang makain tinggi resiko untuk pengidap penyakit jantung)
8. Jenis kelamin, bahwa resiko penyakit jantung pada wanita akan lebih tinggi setelah mengalami menopause.
9. Riwayat kesehatan keluarga, jika memiliki kelurga inti seperti ayah, ibu, adik atau kakak yang mengidap penyakit jantung, risiko untuk terkena penyakit jantung akan lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarganya.

Macam-macam Penyakit Jantung

Ada beberapa macam-macam penyakit jantung seperti:

1. Aterosklerosis

 Aterosklerosis diakibatkan oleh dinding arteri yang mengalami penebalan karena lemak, kolesterol dan buangan sel lainnya yang mengendap sehingga pasokan darah ke sel sel otot mengalami penghambatan, Aterosklerosis bisa terjadi di seluruh bagian tubuh,nah bila terjadi pada dinding jantung maka akan disebut sebagai penyakit koroner ataupenyakit jantung iskemik , penyakit ini berlangsung menahun dan timbul banyak gangguan penyakit . Penyakit ini dimulai dari adanya lesi dan retakan pembuluh darah khususnya karena adanya tekanan kuat pada pembuluh jantung. Kemudian di tahap selanjutnya tubuh akan berusaha memperbaiki retakan tersebut dengan menempatkan zat zat lemak pada pembuhluh darah. nah kemudian lambat laun karena proses keretakan yang selalu berulang. pembuluh jantung pun di tutupioleh zat zat lemak. gejala awal penyakit ini adalah agina pektoris yang menyebabkana rasa nyeri di daerah jantung dan dada karena berkurangnya pasokan darah dalam jantung.

2. Infark Miokard Akut

Infark miokard merupakan kematian otot jantung yang disebabkan oleh penyumbatan pada arteri koroner. otot otot jantungpun akan tidak tersuplai darah sehingga mengalami kerusakan bahkan kematian

3. Kelainan Katup Jantung

\Katup jantung memliki fungsi untuk mengendalikan aliran darah didalam jantung, Nah kalau katup jantung bermasalah otomatis hal ini tentu saja akan mengganggu aliran darah tersebut, yakni bisa saja terjadi pengecilan, kebocoran, atau tidak sempurna menutup. kelaianan katup jantung ini bisa saja merupakan bawaan sejak lahir ataupun karena efek smaping pengobatan.

4. gagal Jantung Kongestif

gagal jantung m,erupakan jantung yang tidak mampu lagi memompa darah keseluruh tubuh secara efektif. Dikatakan gagal bukan karena  Kerja jantung berhenti, akan tetapi dikarenakan jantung tidak bisa memompa sekuat seperti biasanya. akibatnya darah bisa masuk ke paru paru.atau bagian tubuh lainnya.

5. Kardiomiopati

panyakit Kardiomiopati ini adalah penyakit yang dikarenakan adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung sehingga dinding dinding jantung menjadi tidak bergerak secara sempurna ketika memompa darah dan menyedot darah. Penderita kardiomiopati ini memiliki resiko tinggi untuk mengidap aritmatia dan gagal jantung.

6. Aritmatia

Aritmatia ini adalah suatu penyakit jantung yang ada kelainan terhadap irama jantung. aritmatia itu sendiri memiliki arti " Irama jantung tidak normal". yang diakibatkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung yang berat ataupun ringan.

7. Penyakit Jantung Rematik

penyakit jantung rematik merupakan penyakit jantung yang disebabkan karena kerusakan katup jantung yang diakibatkan oleh demam rematik Bakteri streptokokus adalah salah satu penyebabnya.

8. Inflamasi jantung

penyakit ini yang terjadi di dinding jantung. selaput yang menyelimuti jantung dan bagian dalam jantung hal ini disebabkan oleh racun dan infeksi.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Waspada Penyakit Jantung"

Posting Komentar