Info Ingin Hamil

Info Ingin Hamil
Info Ingin Hamil
Apa Anda cepat ingin hamil? Pasangan suami istri tentunya ingin segera mempunyai anak dan ingin segera menjadi orangtua setelah menikah. Menjadi orang tua dan cepat memilki bayi yang lucu akan menjadi sebuah kehidupan yang indah.

Menurut penelitian sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suamin istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan.

Ada juga pasangan yang belum memilki keturunan 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x per minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi, hal ini baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan).

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Belum Juga Hamil?

Jika Anda dan suami sudah menikah lebih dari 1 tahun dan telah melakukan hubungan seksual dengan frekuensi  yang teratur, maka Anda dan suami perlu mengunjungi dokter speseialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaaan fertilitas. 

Pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penyebab belum juga hamil perlu dilakukan baik dari pihak suami maupun istri. Seringkali diperlukan pemeriksaan USG rahim, juga terdapat pemeriksaan lain seperti HSG atau kadar hormon.

Untuk Suami Anda juga perlu menjalani beberapa pemeriksaan seperti anatomi organ reproduksi dan nalisis sperma. Pemeriksaan analisis sperma dapat menjadi acuan informasi mengenai kesehatan sperma.

Selain beragam pemeriksaan untuk mengetahui kesehatan organ reproduksi Anda dan suami, tentunya yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur dan berolahraga.

Yang Perlu Diperhatikan Ingin Hamil

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila ibu ingin hamil
  • Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkuhol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
    Menurut The Center For Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misonarsis (pria di atas)

Ingin Hamil

Pada dasarnya Kehamilan hanya bisa terjadi ketika sel sperma bisa bertemu dengan sel telur yang sudah matang atau telur yang sudah masuk ke masa ovulasi. Jika ingin hamil dan mengetahui masa subur yang tepat maka akan sangat sulit untuk semua orang. Pria memiliki sperma yang bisa bertahan dalam tuba falopi wanita selama 2 hingga 3 hari. Namun wanita memilki sel telur yang bertahan hanya dalam waktu 24 jam. Jadi hubungan ini harus dilakukan pada saat masa subur atau ketika sel telur mencapai ovulasi.

6 Info Ingin Hamil

Untuk Itu mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik. Berikiut ini adalah 6 cara cepat ingin hamil bagi Anda yang merencanakan kehamilan:

1. Lakukan Medical Check Up sebelum Merencanakan Kehamilan

Sebelum Anda merencakan kehamilan, dianjurkan Agar Anda terlebih dahulu berkonsultasi dan melakukan medical check-up. Tanyakan pada dokter vitamin apa saja sebaiknya dikonsumsi, misalnya : asam folat yang berguna untuk mencegah kelainan bawaan seperti spina bifida (kelainan saraf tulang belakang)

2. Pahami Siklus Menstruasi Anda

Dengan menegtahui siklus menstruasi, maka Anda juga akan dapat mengetahui periode ovulasi Anda. Pada periode ovulasi inilah, dianjurkan agar Anda memfokuskan untuk hubungan intim.

Cara Menghitung Masa Subur

Masa subur wanita atau masa ovulasi bisa diperhitungkan setiap bulan. Masa subur wanita hanya terjadi dalam waktu yang sangat singkat, yaitu ketika sel tlelur mencapai ovulasi. Untuk mendapatkan masa subur maka wanita bisa mencatat atau mengingta siklus haid setiap bulan. Namun memang ada wanita yang memilki siklus teratur dan tidak teratur.
  • Wanita yang memiliki sikulus haid yang teratur yakni 21-35 hari, maka cara perhitungan sebelum haid Anda berikutnya (plus minus 2 hari).
  • Wanita yang memilki siklus tidak teratur harus mencatat data atau tanggal menstruasi selama 6 bulan. Berikut ini adalah contoh perhitungan masa cubur untuk wanita dengan haid tidak teratur:

    Selama sekitar 6 bulan di dapatkan masa siklus terpanjang adalah 30 hari. Sementara siklus terpendek adalah 26 hari. Maka, perhitungan masa suburnya adalah:
    30 - 11 = 19
    26 - 18 = 8

    Dari perhitungan diatas maka wanita tersebut memiliki masa subur dimulai pada hari ke 8 hingga hari ke 19.
Semua Wanita juga bisa mengenali masa subur tidak hanya pada perhitungan saja, tapi juga dari tanda-tanda fisik seperti perubahan lendir serviks (menjadi lebih licin dan basah) atau seringkali mengalami nyeri pada perut.

3. Abaikan Mitos Tentang Posisi Seks Yang Baik Agar Cepat Hamil

Tidak ada suatu penelitian ilimiah yang membuktikan bahwa poisis seks tertentu (misal: posisi misonaris atau women on top) dapat memaksimalkan potensi Anda untuk cepat hamil. Sedangkan pososisi tertentu yang melawan gravitasi posisi duduk atau berdiri akan menyulitkan sperma untuk masuk ke dalam serviks.

Namun yang jelas, semakin sering frekuensi hubungan seksual tanpa kontrasepsi, jelas semakin meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Namun demikian, bukan berarti Anda dan pasangan harus meningkatkan frekuensi hubungan seksual, karena terlalu seirng berhubungan seksual juga memilki dampak pada kesehatan tersendiri.

Kesulitan ingin hamil bukan semata-mata masalh wanita. Untuk terjadinya kehamilan diperlukan keseburan yang baik pada wanita maupun pria. Untuk itu, kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Kesuburan Pria sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor sepertinya satunya berat badan.

4. Berbaringlah Setelah Seleasai Melakukan Hubungan Seksual

Setelah melakukan hubungan seksual, Anda dianjurkan agar berbaring di tempat tidur selama 10-15 menit dan tidak perlu dengan mengangkat kaki lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar sperma dapat dengan mudah masuk dan tetap berada di dalam serviks.

Namun demikian lagi-lagi kesulitan ingina hamil bukan semata-mata masalah wanita. Untuk terjadinya kehamilan diperlukan keseburan yang baik antara wanita maupun pria. Untuk itu kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Status kesehatan sperma juga mengambil peran penting disini. Sperti diantaranya gaya hidup, pola makan dan usia.

5. Anda Tidak Perlu Melakukan Huungan Sbeksual Setiap Hari

Para ahli menganjurkan agar sebaiknya Anda berhungan seks dengan rutin, baik saat masa ovulasi maupun tidak. Sperma sendiri dapat hidup selama 72 jam setelah berhubungan seksual.

Lebih lanjut frekuensi hunbungan seksual yang tinggi juga memiliki dampak baik pada wanita dan pria. Pada dampak yang bersifat kronik, pada pria akan meningkatkan resiko kanker prostat yang disebabkan meningkatnya proses ejakulasi dalam rentang waktu yang pendek, sementara pada wnita dampaknya bisa meningkatkan risiko kanker serviks.

Pada dampak yang bersifat kaut, penigkatan frekuensi hubungan seksual yang tidak wajar bisa menimbulkan lesi pada alat genital, baik pada wanita maupun pria.

Pada pria dianjurkan agar menghindari mengenakan pakai dalam atau celana yang ketat karena dapat memperburuk kualitas sperma. Sama harinya dengan berndam di air panas, sauna ataupun sering duduk di atas mesin motor.

6. Hindari Stres dan Menjalani Hidup Sehat

Dengan menjalani hidup sehat dan menghindari stres , maka kesempatan Anda ingin hamil juga semakin besar. Untuk itu, dianjurkan agar Anda berolahraga rutin setidaknya 30 menit sehari dan menghindari rokok dan alkohol.

Semoga dengan artikel info ingin hamil ini bermanfaat untuk Anda, jika Anda telah melakukan berbagai tindakan seperti di atas dan hasil yang didapatkan dalam keadaan normal, namun tetap belum mendapatkan keturunan, bersabarlah dan tetap berusaha dan berdoa pada-Nya. Semoga Anda dan suami dapat segera diberi momongan.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Info Ingin Hamil"

Posting Komentar