Mengenal Penderita Gangguan Bipolar

Mengenal Penderita Gangguan Bipolar
Mengenal Penderita Gangguan Bipolar
Dari Anda semua apa sudah mengenal penderita gangguan bipolar? Mungkin jarang sekali kita mendengar dengan kata-kata gangguan bipolar. karena berdasarkan survei penderita gangguan bipolar dari 1000 orang yang hanya bisa terkena gangguan bipolar ini mungkin hanya 10 orang.

Jadi tidak terlalu sering kita bisa menjumpai orang yang menderita gangguan bipolar. tetapi anda pasti kenal dong sama artis yang satu ini "Marsyanda" sempat beredar video nya yang di duga pernah mengalami gangguan bipolar.

Penderita Gangguan Bipolar


Jadi Sebenarnya Apa Gangguan Bipolar Itu?

Gangguan bipolar merupakan gangguan yang terjadi pada kejiwaan seseorang, dimana kestabilan emosi, sedih, marah, berbaur menjadi satu di mana penderita nya mengalami perubahan suasana hati yang drastis misal nya yang awal nya sedih tiba tiba langsung saja berubah drastis menjadi sangat bahagia. prilaku ini bisa di katakan depresi.

Gangguan bipolar ini ada 2 fase yang dikenal yaitu fase naik atau sering di sebut dengan mania di mana seseorang bisa saja menjadi sangat berenergik, bersemangat, dan banyak bicara dan yang kedua ada namanya fase turun dimana si penderita biasanya akan terlihat sedih lesu, tidak bersemangat, atau tidak bergairah.

Namun ada juga penderita bipolar ini mengalami mania dan depresi yang secara bersamaan misal nya ketika dia sedang merasa sangat sedih, dan putus asa tiba-tiba saja dia merasa dirinya begitu bersemangat dan berenerjik.

Lalu Apa yang Menyebabkan Seseorang Terkena Gangguan Bipolar?

Sampai saat ini para ahli belum ada yang dapat menyimpulkan apa penyebab dari gangguan bipolar ini. namun pastinya gejala mania dan depresi yang menyerang penderita merupakan pemicu terjadinya gangguan bipolar. Dan ada juga beberapa faktor kemungkinan dimana terjadi gangguan atau kelainan pada zat pengantar sinyal ke otak.

Pemicu lainnya yang tidak bisa kita anggap enteng adalah stress. banyak lo kasus bipolar ini di sebabkan si penderita mengalami tekanan dalam hidupnya.

Nah selain stress, yang satu ini di duga turut menjadi pemicu terjadinya gangguan bipolar yakni gaya hidup yang tidak baik, misal nya seseorang yang kecanduam minuman keras, dan menggunakan obat obatan terlarang.

Apa Saja Tanda dan Gejala Gangguan Bipolar?

Seorang Dr spesialis kejiwaan mengungkapkan bahwa tanda dan gejala gangguan bipolar itu dibedakan berdasarkan masing masing fasenya yakni:

Tanda dan gejala mania penderita gangguan bipolar

  • Gembira yang berlebihan
  • mudah marah atau terrsinggung
  • selalu gelisah
  • Peningkatan energi
  • membutuhkan lebih sedikit tidur
  • Pikiran yang cepat
  • Dorongan  seks tinggi
  • Cenderung membuat rencana besar dan tidak dapat dicapai.

Dan ini merupakan tanda dan gejala depresi penderita gangguan bipolar

  • Mudah sedih
  • Cemas selalu
  • Kehilangan energi
  • Menangis yang tidak terkontrol
  • Perubahan nafsu makan 
  • Meningkatkan kebutuhan untuk tidur
  • Kesulitan dalam membuat keputusan
  • Pikiran hanya kematian dan bunuh diri

Diagnosis Gangguan Bipolar

Mendiagnosis gangguan bipolar ini tidak mudah, psikiater akan menjali beberapa rangkaian pengumpulan keterangan. baik dari pasien nya langsung dan dari kerabat dekan dan keluarga si penderita. Psikiater akan bertanya seputar riwayat kesehatan pasien, dan riwayat keluarganya.

Apakah ada anggota keluarga yang mengidap penyakit yang sama seperti yang di alami si penderita, selain itu dokter juga akan menjalani tes drah dan urin terhadap pasien nya, untuk memastikan gejala yang ada bukan disebabkan oleh komplikasi penyakit yang lain.

Pengobatan gangguan Bipolar

Dari tujuan pengobatan gangguan bipolar untuk menurunkan frekuensi terjadinya fase-fase mania dan depresi agar penderita gangguan bipolar dapat hidup secara normal dan berbaur sama lingkungan. Selain memperbaiki pola hidup, dari rencana pengoobatan biasanya mencakup pemberian obat-obatan yang dikombinasikan dengan penanganan lain misalnya psikolog. Psikoterapi dengan psikiater atau konsoler dapat banyak membantu.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Mengenal Penderita Gangguan Bipolar"

Posting Komentar