Waspada Penyakit Meningitis Bisa Membunuh Anda

Waspada Penyakit Meningitis Bisa Membunuh Anda
Waspada Penyakit Meningitis Bisa Membunuh Anda
Waspada penyakit meningitis bisa membunuh anda. Sejak dini haruslah kita menyadari bahwa nikmat yang paling mahal yang di anugrahi tuhan itu adalah KESEHATAN, jika nikmat kesehatan itu sudah tidak ada lagi. hidup pun serasa tidak ada gunanya lagi. jadi mulai lah dari sekarang kita menjaga kesehatan kita semua, sadarlah bahwa sehat itu mahal. Apalagi kalau sudah mendengar dengan nama penyakit "Meningitis", Hufth ketakutan akan timbul sendirinya di dalam hati.

Pernah kah anda mendengar penyakit Meningitis ini? pastinya sudah tidak awam lagi bukan? karena banyak artis indonesia yang telah di liput oleh media yang terkena penyakit ini seperti tante asyanti (istri nya om anang hermansyah) bahkan pelawak komedian indonesia yang terkenal "Olga syahputra" menderita penyakit ini hingga ajal menjemputnya.


Definisi Meningitis

Penyakit meningitis ini adalah infeksi pada meninges (selaput Pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. ketika meradang. meninges membengkak karena infeksi yang terjadi. sistem saraf dan otak tidak dapat bekerja optimal dan rusak pada beberapa kasus.


Jenis Meningitis yang utama ada 2 yaitu:

    a. Meningitis Viral. Penyakit meningitis Viral ini merupakan bukan pemicu pemakit yang serius. dalam
        kondisi yang parah, penyakit meningitis jenis ini dapat menyebabkan panas demam berkepanjangan
        disertai dengan kejang kejang.

    b. Meningitis Bakteri. Meningitis jenis ini tidak bisa di remehkan lagi, karena meningitis yang disebabkan
        oleh bakteri ini begitu serius dan harus mendapat penanganan serta pengobatan yang serius juga
        supaya tidak terjadi kerusakan otak dan keluhan tubuh yang berkelanjutan yang akhirnya berujung
        pada maut. seperti yang terjadi pada olga syahputra


Penyebab meningitis

Radang ini disebabkan oleh infeksi virus bakteri atau mikroorganisme lain yang bisa juga di sebabkan oleh alergi obat tertentu.sebenarnya penyebab penyakit meningitis ini bukan lah bukan lah merupakan jenis virus yang berbahaya, namun jika telah parah dapat mengakibatkan gengguan kesehatan yang serius seperti kerusakan otak, kurangnya daya ingat, kurangnya kemampuan pendengaran dan bahkan menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara serius.

Virus penyebab penyakit meningitis ini pada awalnya menginfeksi bagian tubuh penderita dan mengalir masuk kedalam sel sel syaraf pusat yaitu otak manusia penyebab utama penyakit meningitis ini pada dasar nya adalah virus yang dapat menyerang kekebalan tubuh manusia yang seperti apa pun juga.

Selain itu juga dapat disebabkan oleh jamur dan bakteri, meskipun ini sangat jarang dijumpai bakteri penyebab meningitis tersebut antara lain: streptococus pneumoniae, neisierra meningitidis dll.


Gejala Meningitis

Gejala awal umumnya si penderita akan merasakan sakit kepala yang hebat, leher kaku dan di sertai panas tinggi. perubahan mood yang tidak menentu dan kesadaran yang menurun, muntah muntah, menjadi kurang peka terhadap cahaya dan suara yang keras. sementara itu jika terjadi pada bayi gejala yang timbul tidak begitu nampak karena respon bayi hanya menangis, namun biasanya bayi yang mengalami meningitis ini akan nampak lebih lemas dan kurang aktif, gemetar pada tubuhnya, tidak mau menyusu ibu nya dan disertai muntah.

Penyakit meningitis ini merupakan penyakit yang menular karena disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. jika tidak disembuhkan sejak dini maka bisa berakibat fatal seperti lumpuh gangguan mental bahkan kematian dan dapat menulari orang lain. Penularan penyakit ini bisa melalui ingus dan cairan ludah yang bersin, tertawa ataupun berbicara. dan media lainnya yang menjadi media penularan penyakit lain nya.jadi sebaiknya anda sedikit waspada terhadap penyakit meningitis itu.


Cara Pencegahannya

  • Jagalah dan tingkatkan kebersihan baik di lingkungan maupun diri sendiri. Transmisi penyakit meningitis ini dapat dicegah dengan meningkatkan tingkat kebersihan antara orang orang dengan resiko infeksi dan diantara mereka yang mungkin menyebarkan penyakit. dan hal yang paling penting selalu terapkan kebersihan tangan anda biasakan untuk mencuci tangan setelah beraktifitas. karena tangan adalah media yang paling beresiko untuk menularkan virus, bakteri ataupun jamur. jadi lakukan lah selalu mencuci tangan menggunakan sabun antibakterial dan bilas dengan air yang mengalir.
  • Hindari berbagi peralatan dengan sipenderita seperti berbagi peralatan gelas piring, sedotan handuk dan peralatan lain yang sama dengan si penderita, karena hal itu mempermudah penyebaran bakteri meningitis, untuk itu hindari berbagi peralatan dengan si penderita ya teman.
  • Tutuplah mulut dan hidung saat anda bersin
  • Mengkonsumsi antibiotik saat sedang bersama sama dengan penderita meningitis ini, hal ini merupakan antisipasi saja terhadap virus meningitis menyebar ke tubuh kita.

Jadi inti dari ini semua hanyalah prilaku hidup sehat untuk menghindar dari penyakit, karena penyakit merupakan benalu yang dapat merusak dan melumpuhkan kita manusia, seperti yang dikatakan oleh AJ Reb Materi " Begitu banyak orang yang menghabiskan kesehatan mereka hanya untuk mengejar kekayaan, dan kemudian mereka harus menghabiskan kekayaan mereka untuk mendapatkan kembali kesehatan. nah begitu lah pentingnya Kesehatan dalam hidup sehat itu Nikmat tiada tandingannya.

Semoga artikel penyakit meningitis ini dapat bermanfaat buat kita semua, dan kita yang membacanya selalu diberikan kesehatan. Jadi waspadalah penyakit meningitis dapat membunun Anda. Jika ada pertanyaan silahkan ajukan pertanyaannya di kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Waspada Penyakit Meningitis Bisa Membunuh Anda"

Posting Komentar