1001 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1001 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan dan Kecantikan
1001 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat daun bawang untuk kesehatan, selain untuk kesehatan manfaat bawang dapat juga untuk kecantikan. Daun bawang merupakan bumbu masakan yang sudah tidak awam lagi kita dengar. Daun bawang adalah penghuni yang tidak putus berada di dalam kulkas. jadi tentu nya anda begitu kenal dengan daun bawang. Daun bawang ini hampir selalu ada di setiap bumbu-bumbu masakan khas indonesia. Bisa kita lihat mulai dari telur dadar, sup, gorengan, martabak mesir, soto dan lain sebagainya.

Hampir sama dengan bawang merah dan bawang putih, daun bawang ini memiliki aroma yang begitu khas membuat aroma makanan menggugah selera yang menciumnya. Dibalik sebagai bumbu masakan yang memberikan aroma yang segar yang khas, ternyata tersimpan manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan tubuh. daun bawang baik untuk kesehatan jantung dan juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selain itu daun bawang juga baik untuk penderita diabetes, mengatasi anemia, antibakteri, dan kaya akan antioksidan.

Namun bukan hanya sebagai bumbu dapur saja manfaat dari daun bawang ini, bumbu dapur ini sangat bermanfaat untuk dunia kecantikan diantaranya mampu manjadi biang dalam program diet, mampu menghilangkan jerawat yang bandel di wajah, mencegah anda dari penuaan dini, mencerahkan serta meremajakan kulit. nah ini yang belum pernah kita dengar. Daun bawang dapat digunakan sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut yang rusak.

Jika ingin mencari daun bawang tidak lah sulit, banyak di jual di toko minimarket, supermarket. Dan lebih mudah nya lagi di pasar amat sangat banyak menyediakan daun bawang, jadi tidak perlu anda menanamnya dahulu. Nah jika anda ingin daun bawang tetap awet, anda harus menyimpannya di kulkas dengan akar-akar daun bawang sekalian, karena jika akarnya di potong dapat membuat daun bawang cepat membusuk.

Jujur saja, saya penasaran mengapa dan apa yang terkandung di dalam daun bawang sehingga mampu menjadi obat bagi kesehatan manusia, apalagi anda yang membacanya. dan setelah dicari tau ternyata daun bawang ini mengandung Vitamin A, K dan C tinggi, Asam folat, kalsium, pottasium, protein, lemak, karbohidrat, serat dan rendah kalori.


Manfaat Daun Bawang Untuk Kecantikan

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat daun bawang sebagai kesehatan kali ini kita kan bahas mengenai Daun bawang yang kerap kali dijadikan sebagai bahan dalam pemanfaatan dalam dunia kecantikan, mulai dari perawatan kulit hingga rambut. Baiklah mari kita bahas satu persatu apa-apa saja manfaat dari bumbu dapur yang satu ini dalam dunia kecantikan.


1. Menghilangkan Jerawat

Karena di dalam daun bawang ini mengandung zat alicin yang bersifat sebagai antibakteri. apabila digunakan pada wajah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. caranya bisa dengan memotong motong daun bawang ataupun bisa juga di giling lalu oleskan pada jerawat di wajah.


2. Mencerahkan serta Meremajakan Kulit

Selain menghilangkan jerawat tenyata Daun bawang ampuh sebagai mencerahkan dan meremajakan kulit.  kenapa bisa? ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C di dalam daun bawang yang mampu mencegah pigmentasi kulit serta mengangkat sel-sel mati sehingga kulit selalu tampak mulus.


3. Mencegah Penuaan Dini

Bukan hanya Vitamin C saja yang ada di dalam Daun bawang tersebut. ternyata daun bawang mengandung Vitamin A, E dan K serta kaya akan antioksidan. kandungan antioksidan inilah yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak keremajaan kulit.


4. Manfaat Daun Bawang Untuk Rambut

Selain itu rupanya manfaat daun bawang dapat juga untuk rambut, dimana untuk mendapatkan manfaatnya bisa dengan cara membuat masker rambut alami dari daun bawang. Masker bawang daun bawang ini sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut yang rontok, kering, rusak dan bercabang.

Cara daun bawang untuk rambut:
  • Ambil daun bawang secukupnya, kemudian potong kecil-kecil.  Ambil sebanyak satu genggam kemudian rebus dengan dalam 1 gelas air selama 30 menit.
  • Angkat daun bawang dan celupkan dalam air es selama 2 menit.
  • Masukkan dalm blender dan tambahkan setengah cangkir minyak zaitun lalu blender hingga halus.
  • Berikan ramuan tersebut pada rambut secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit sambil dibungkus sama shower cap atau handuk hangat.
  • Bersihkan rambut dan kulit kepala, gunakan shampo dan lanjutkan dengan kondisioner.
  • Lakukan perawatan rambut secara rutin 2 kali seminggu.


Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

Nah berikut ini beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh kita, dimana manfaat daun bawang dapat mengobati berbagai penyakit.


1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan bagian yang terpenting yang membentuk tubuh manusia. Oleh karena itu harus selalu menjaga kesehatan tulang agar tidak terjadi osteoporosis atau keropos tulang. Se;ain kalsium, ternyata daun bawang juga mengandung vitamin C dan vitamin K yang baik untuk tulang agar tetap sehat.


2. Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata bukan hanya wortel, apel dan tomat kita konsumsi, ternyata dalam satu batang daun bawang terdapat kandungan pro-vitamin A. Dengan kandungan tersebut daun bawang mampu menjaga kesehatan mata.


3. Baik Untuk Wanita Hamil

Dalam daun bawang memilki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, karena asama folat dapat untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecedasan otak. Ibu hamil yang kekurangan asam folat akan rentan keguguran.


4. Mencegah Diabetes

Daun bawang dapat juga untuk mencegah penyakit kencing manis atau diabetes melitus, karena dalam daun bawang terdapat kandungan phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida. Dimana kedua zat ini dapat mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.


5. Mengobati Cacingan

Daun bawang dapat mengobati cacingan, misalnya cacingan sering terjadi pada anak-anak. Cara untuk mengobati cacingan pada anak-anak dengan memberikan makanan yang ada daun bawang, dan akan lebih bagus jika diberi sop yang mengandung daun bawang.


6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ternyata dalam daun bawang mengandung antioksidan yang tinggi quercwtin dan kemferfol. Kedua zat ini baik untuk kulit dan dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu baik untuk melawan penyakit seperti demam, batuk dan flu.


7. Menyehatkan Jantung

Daun bawang merupakan sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Karena dalam daun bawang mengandung cycloaliin yang berfungsi untuk mengencerkan darah sehingga mencegah penggumpalan, dan dapat mengurangi resiko terkena penyakit aterosklerosis.


Demikianlah beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan dan manfaat daun bawang untuk kecantikan. Semoga dengan informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "1001 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar