5 Khasiat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan

5 Khasiat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan
5 Khasiat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan
5 Khasiat tanaman putri malu bagi kesehatan. Mungkin tidak semua orang yang tahu khasiat dari tanaman putri malu. Putri malu memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman putri sangat mudah didapatkan, karena putri malu tumbuh liar di tanah yang tidak terawat.

Tanaman putri malu memiliki batang yang bulat, berbulu dan berduri yang dikenal juga dengan nama istilah Mimosa Pudica. Daun putri malu kecil-kecil tersusun majemuk, bentuk lonjong dengan ujung yang lancip, bila disentuh akan daunnya akan menutup (sensitif). Bunga pada putri malu seperti bola, warna merah muda dan bertangkai.


Kandungan Putri Malu

Perlu diketahui kandungan dalam tanaman putri malu terdiri dari mimosine yang memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan tubuh kita. Bagian yang digunakan untuk pengobatan tradisional yaitu daun, akar, seluruh tanaman, segar atau yang dikeringkan.


Khasiat Putri Malu

Khasiat tanaman putri malu bagi kesehatan tubuh kita dapat sebagai penenang (tranquiliser), sedative, peluruh dahak (expectorant), anti batuk (antitusive), penurun panas (antipiretic), anti radang (anti inflammatory), perlu air seni (diuretic).


5 khasiat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan



Cara Pengobatan

 

1. Insomnia

  • Daun putri malu atau mimosa pudica 30-60 gr direbus. Air rebusannya diminum.
  • 15 gr putri malu, 15 gr sawi langit (vemonia cinerea), 30 gr calincing ( Oxalis repens) direbus.Air rebusan nya di minum

 

2. Bronkhitis

  • 60 gr akar putri malu di rebus dengan air 600cc dan api kecil, hingga air rebusan menjadi 200cc. air rebusan tersebut di bagi menjadi 2 kali minum. diulang selama 10 hari
  • 30 gr tumbuhan putri malu (Mimosa Pudica), 10 gr akar peristrophe roxburghiana, keduanya di rebus dibagi menjadi 2 dosos per hari

 

3. Batuk Berdahak

  • 10-15 gr akar putri malu. Direbus. Air rebusannya diminum seperti biasa

 

4. Ascariasis

  • 15-30 gr Mimosa Pudica, direbus. Air rebusannya diminum seperti biasanya

 

5. Rematik 

  • 15 gr akar putri malu di rendam dalam arak putih 500 cc selama 2 minggu


Demikianlah 5 manfaat tanaman putri malu bagi kesehatan kita. Sesungguhnya apa semua yang telah diciptakan oleh Allah tidak lah sia-sia, semua itu ada manfaat nya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi penderita insomnia, bronkhitis, batuk berdahak, ascariasis, dan rematik. semoga kita semua selalu di beri nikmat kesehatan, dan bagi yang sakit semoga di angakatlah semua sakitnya amin amin ya robbal'alamin.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "5 Khasiat Tanaman Putri Malu Bagi Kesehatan"

Posting Komentar