Khasiat Bawang Merah Mengobati Kencing Manis

Khasiat Bawang Merah Mengobati Kencing Manis
Khasiat Bawang Merah Mengobati Kencing Manis
Khasiat bawang merah untuk kesehatan. Orang-orang pada tidak asing lagi sama bawang merah. Selain bawang merah sebagai bahan bumbu masak ternyata bawang merah memiliki khasiat yang dapat mengobati penyakit kencing manis dan bawang merah juga sebagai sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Bawang merah selain sebagai sumber antioksidan, bawang merah juga sebagai sumber mineral dan vitamin. Khasiat bawang merah dapat dijadikan sebagai obat yang bisa mengurangi kadar gula darah pada penderita kencing manis (diabetes melitus).



Kandungan Bawang Merah

Dalam bawang merah memiliki kandungan yang terdiri dari minyak asori, sikloaliin, dihidroalin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin dan zat pati. Tingginya kandungan bawang merah tidak kalah dengan bawang putih yang sama-sama memiliki khasiat yang dapat mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.


Khasiat Bawang Merah

Dari kandungan yang ada dalam bawang merah dapat sebagai bakterisid, ekspektoran dan diuretik. Bagian yang digunakan untuk pengobatan tradisional umbi lapis bawang merah.


Khasiat Bawang Merah Mengobati Kencing Manis



Cara Pengobatan



1. Kencing Manis (Dibetes Melitus)

  • Untuk mengobati penyakit kencing manis cukup dengan : 4 gram umbi bawang merah, 15 gram buah buncis, 10 helau daun salam, ketiganya dipotong-potong. Ditambah 120 ml air. Diminum sehari 1 kali 100 ml. Diulang selama 14 hari.


2. Demam dan Perut Kembung Pada Anak

  • Untuk mengobati deman dan perut kembung pada anak cukup dengan : umbi bawang merah secukupnya dipotong tipis, minyak kelapa secukupnya dan minyak kayu putih secukupnya. Diremas-remas. Minyak remasan dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki dan tangan pada anak yang demam.


3. Batuk

  • Untuk mengobati batuk cukup dengan : 4 gram umbi bawang merah, 4 gram daun poko segar, 3 gram daun sembung segar, 4 gram herba pegagan segar, 2 gram buah adas dan 125 ml air. Dipipis atau dibuat pil. Diminum 1 kali sehari, pagi hari 100 ml. Apabila dipipis diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir. Pil diminum 3 kali sehari 9 pil. Diulang selama 14 hari.


Demikian informasi khasiat bawang merah mengobati kencing manis. Semoga dengan informasi ini dapat menambah informasi untuk Anda. Artikel ini bersifat informasi bukan bermaksud sebagai pengganti pendapat medis atau ahli.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Khasiat Bawang Merah Mengobati Kencing Manis"

Posting Komentar