11 Manfaat Kunyit Untuk Obat Tradisional

Manfaat kunyit untuk obat tradisonal. Kunyit banyak dikenal orang sebagai rempah atau bumbu masakan. Selain dari bumbu masakan ternyata kunyit juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat kunyit lainnya dapat juga sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya seperti  penyakit diabetes melitus.

Kunyit dikenal juga dengan nama latinnya Curcuma Longa. Kalau di luar negeri (Inggris) kunyit disebut dengan saffron, kalau di Belanda disebut kurkuma. Di luar negeri kunyit pun digunakan sebagai obat tradisional agar kesehatan tubuh tetap terjaga.


Kandungan Kunyit

Dalam kunyit memilki banyak kandungan antara lain kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, keton sesquiterpen, tumeron, tumeon, zingiberen, felandren, sabinen, borneol dan sinell.


Khasiat Manfaat Kunyit

Dari kandungan yang ada dalam kunyit, kunyit untuk obat tradisional dapat mengobati penyakit diabetes melitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar asi, amandel, berak lendir, morbili, cangkrang (waterproken). Bagian yang digunakan untuk pengobatan tradisional yaitu rimpang pada kunyit.


11 Manfaat Kunyit Untuk Obat Tradisional

Nah mari simak sama-sama, beberapa manfaat kunyit yang dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.


Cara Pengobatan Manfaat Kunyit



1. Diabetes Melitus

  • 3 rimpang kunyit dan 1/2 sendok teh garam direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.


2. Tifus

  • 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1  lembar daun sambiloto ditumbuk halus dan dipipis, Kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat dan disaring. Diminum dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.


3. Usus Buntu

  • 1 rimpang diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan 1 potong gula kelapa/aren dam garam secukupnya. Diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Dimunum setiap pagi setelah makan secara teratur.


4. Disentri

  • 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga 1 gelas kemudian disaring. Diminum dan diulangi sampai sembuh.


5. Keputihan

  • 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren direbus dnegan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 1 gelas sehari.


6. Haid Tidak Lancar

  • 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 1 gelasa sehari.


7. Sakit Perut Saat Haid

  • 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm. Semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut diambil airnya, kemudian ditambah dengan persan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring. Ditambah garam dan gula secukupnya, lalu diminum pada hari pertama haid.


8. Memperlancar Asi

  • 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus, kemudian dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap hari.


9. Amandel

  • 1 rimpang kunyit diparut, 1 butir jeruk nipis diperas, dicampur dengan 2 sendok madu, diaduk sampai merata dan disaring. Diminum secara rutin 2 hari sekali.


10. Mencret

  • 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih direbus bersama dengan 2 gelas air samapi mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas pagi dan sore.


11. Morbili

  • 1 rimpang kunyit di tumbuk halus ditambahkan air sedikit untuk dijadikan seperti bedak. Dioleskan pada seluruh badan.


Demikian 11 manfaat kunyit untuk obat tradisional, semoga dengan informasi ini dapat menambah pengalaman Anda terhadap manfat kunyit, dan manfaatkan lah untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

1 Response to "11 Manfaat Kunyit Untuk Obat Tradisional"

  1. http://www.dreamsforfreedom.com/2015/12/sering-minum-susu-beruang-ternyata.html?showComment=1463735005411#c4309763846439470626

    BalasHapus