11 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

11 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan
11 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan
Manfaat cengkeh bagi kesehatan. Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, tapi ternyata cengkeh juga memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional yang dapat mengobati berbagai penyakit. Tanaman cengkeh merupakan tanaman menahun yang dapat tumbuh mencapai ketinggian 10-20 m, di mana cengkeh mempunyai daun yang berbentuk lonjong berbunga pada pucuk-pucuknya.

Tanaman cengkeh dikenal juga dengan nama latinnya Syzygium aromaticum. Bedasarkan tiap daerah yang ada di Indonesia, contoh di daerah Bali cengkeh di sebut juga dengan nama wunga lawang, di daerah Lampung dan Jawa cengkeh disebut juga dengan nama cengkih, di daerah Bugis cengkeh di sebut dengan cengke, Dan di daerah folres cengkeh di sebut dengan nama sinke. Walaupun nama cengkeh berbeda-beda di setiap daerah namun manfaat cengkeh tetap sama yang dapat mengobati berbagai penyakit.


Kandungan Cengkeh

Kandungan dalam tanaman cengkeh terdiri dari eugenol, asam oleanolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin resin dan gom. Tiap kandungan yang ada dalam cengkeh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Khasiat Manfaat Cengkeh

khasiat dari tanaman cengkeh dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang dapat mengobati penyakit kolera, penyakit campak, menambah denyut jantung, menghitamkan alis mata, sakit gigi, menghilangkan bau mulut, mengatasi sinusitis, mual dan muntah, mengatasi kembung, masuk angin, sakit kepala, batuk dan mengatasi radang lambung. Biasanya bagian yang digunakan untuk pengobatan tradisonal yaitu biji bunga cengkeh.


11 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan

Banyak manfaat cengkeh bagi kesehatan tubuh kita, simak cara pengobatan dan menggunkannya:


Cara Pengobatan



1. Manfaat Cengkeh Untuk Penyakit Kolera dan Meningkatkan Denyut Jantung

Bunga cengkeh yang sudah kering, dikunyah disesap airnya, dilakukan setiap hari. Minyak cengkeh dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih.


2. Manfaat Cengkeh Untuk Penyakit Campak

10 biji bunga cengkeh direndam air masak semalam kemudian ditambah dengan gula batu dan diaduk sampai merata. Diminum sedikit demi sedikit.


3. Manfaat Cengkeh Untuk Menghitamkan Alis Mata

5-7 bunga cengkeh dibakar sampai hangus, kemudian ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan minyak ekmiri secukupnya. Dioleskan pada alis mata setiap sore hari.


4. Manfaat Cengkeh Untuk Sakit Gigi

10 butir cengkeh disaring sampai halus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubanga gigi secukupnya, kemudian tutup sama kapas. Lakukan 2 kali sehari.

5. Manfaat Cengkeh Untuk Menghilangkan Bau Mulut

10 butir cengkeh dicuci lalu diseduh dengan 200 cc air panas, diamkan selam lima menit. Kemudian disaring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan setiap hari secara rutin.

Baca Juga Tips Agar Tidak Bau Pada Mulut

6. Manfaat Cengkeh Untuk Mengatasi Sinusitis

Cengkeh secukupnya dikeringkan, digiling sampai menjadi bubuk, lalu ditiupkan ke hidung dengan menggunakan sedotan dengan ukuran seckupnya.

Baca Juga Apa Itu Penyakit Sinusitis

7. Manfaat Cengkeh Untuk Mual dan Muntah

10 butir cengkeh, 20 gram asam jawa, dan gula aren secukupnya direbus dengan 400 cc air dampai tersisa 200 cc. Kemudian disaring dan diminum selagi masih hangat untuk dua kali sehari, setipa kali minum sebanyak 100 cc.


8. Manfaat Cengkeh Untuk Mengatasi Kembung

 10 butir cengkeh diseduh dengan air panas lalu diminum sebagai teh atau 5-10 butir cengkeh dimasukkan pada buah pir yang dilubangi dan dibungkus dengan kertas alumunium foil lalu dibakar hingga matang. Setelah matang cengkehnya dibuang dan pirnya dimakan.


9. Manfaat Cengkeh Untuk Masuk Angin

10 tetes minyak cengkeh diseduh dengan 50 cc air panas, tambahkan madu secukupnya, diaduk sampai merata lalu diminum selagi hangat. Lakukan 2-3 x sehari.


10. Manfaat Cengkeh Untuk Sakit Kepala

5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, 5 gram biji pala, dan 5 butir merica dihaluskan hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan 100cc air panas. Kemudian diminum.


11. Manfaat Cengkeh Untuk Batuk

10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 3 butir kapulaga, 2 jari kayu manis, dan gula aren secukupnya direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring lalu diminum 2 x sehari, setiap kali minum sebanyak 200 cc.

Baca Juga Cara Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

Nah itulah informasi 11 manfaat cengkeh bagi kesehatan yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional dan tanaman obat yang dapat mengobati berbagai penyakit. Semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda. 

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "11 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan"

Posting Komentar