Khasiat Buah Duku dan Manfaatnya

Khasiat Buah Duku dan Manfaatnya
Khasiat Buah Duku dan Manfaatnya

Khasiat Buah Duku

Khasiat buah duku dan manfaatnya. Tidak disangka selama ini buah duku yang sering kita makan banyak khasiat yang terkandung di dalam buah duku. Nama latin dari buah duku ini adalah Lansium parasiticum, orang orang sering memanggilnya dengan langsat. 

Buah duku yang berbentuk bulat kecil bewarna kuning ini merupakan species pohon dalam keluarga mahoni. Buah duku ini biasanya berbuah musiman,pada umumnya buah duku ini muncul pada saat awal musim hujan. di saat musim duku telah tiba penjual duku pun bertaburan di pinggir jalan apalagi di pasar. tetapi disaat tidak musim buah duku, paling sulit untuk menemukan buah ini.

Pusat Buah duku di indonesia tersebar luas di sumatera dan jawa. banyak macam jenis duku mulai dari yang namanya langsat kokosan dari varites komering, matesih condet dan kalikajar. Biasanya buah duku ini berkembang di iklim yang basah dengan curah hujan yang tinggi.

Banyak orang yang belum mengetahui khasiat buah duku dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, jangan dilihat dari bentuknya yang kecil, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. mari kita simak bersama apa saja rahasia di balik buah duku ini:


Kandungan Buah Duku

Di Lihat dari bentuk nya yang kecil agak sedikit ragu ya apa saja rahasia nutrisi yang berada di dalam buah duku ini, ternyata setelah di uji coba komposisi nutrisi buah duku ternyata hasil nya membanggakan.

Setiap 100gr buah duku banyak kalori yang terkandung 70kal, 1,0g protein, 0,2 g lemak 13 gr karbohidrat, 0,7 gr mineral, 18 mg kalsium, fosfor 9 mg dan terakhir zat besi 0,9 mg. kalau di bandingkan dengan apel atau jeruk, kandungan kalori mineral dan besi dari duku ini lebih tinggi di bandingkan apel dan jeruk.

Baca Juga
Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Merah Papua

Khasiat Buah Duku dan Manfaatnya

Buah duku ini memiliki banyak serat yang sangat bagus untuk kesehatan usus kita, membantu mencegah kanker usus besar dan memberi pertumbuhan bakteri prebiotik atau bakteri baik dalam usus.

Tahukah anda rahasia Buah duku lain nya? Percaya atau tidak ternyata kulit serta bijinya mampu mengobati seperti diare, sedangkan benihnya di jadikan pasta dan dapat digunakan untuk mengobati parasit yang ada diusus, dan juga dapat mengurangi demam karena flu. Di dalam buah duku ini hampir tidak ada lemak sama sekali memiliki banyak protein, karbohidrat, mineral, kalsium dan fosfor untuk menjaga tulang kuat, zat besi untuk anemia dan serat yang banyak.

Antioksidan yang terkandung di dalam duku yaitu vitamin A, B, C dan E dapat membantu menyingkirkan radikal bebas sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, bahkan juga kanker.

Khasiat Kulit Duku

Kulit duku juga banyak mengandung manfaatnya, jika kulit buah duku dikeringkan dan dibakar dapat mengusir nyamuk sebagai obat anti nyamuk, selain itu kulit duku juga dapat sebagai anti gigitan serangga dan juga sengatan.

Demikian khasiat buah duku dan manfaatnya untuk kesehatan dan kehidupan kita sehari-hari, semoga dengan infromasi ini dapat membantu kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Khasiat Buah Duku dan Manfaatnya"

Posting Komentar