Khasiat Manfaat Asam Jawa Anti Penyakit

Khasiat Manfaat Asam Jawa Anti Penyakit
Khasiat Manfaat Asam Jawa Anti Penyakit
Khasiat manfaat asam jawa dapat mengobati berbagai untuk anti penyakit sehingga dapat mempertahankan kesehatan kita jauh dari penyakit yang berbahaya. Selama ini asam jawa digunakan sebagai bumbu masak, tapi sebalik itu asam jawa dapat dijadikan sebagai pengobatan tradisional atau tanaman obat tradisional.

Asam jawa disebut juga dengan nama latinnya yaitu Tamarindus Indica yang termasuk dalam spesies tamarindus. Tanaman asam jawa memiliki pohon dengan ketinggian hingaa 15-25 m, bercabang banyak, dan berkayu keras.

Kandungan Asam Jawa

Dalam tanaman asam jawa banyak mengandung manfaat bermacam-macam zat asam terdapat pada daging buah asam yang terdiri dari asam sitrat, tatrat, malat dan asetat. Dari zat asam ini dapat sebagai pencahar untuk pengobatan melancarkan buang air besar dan peredaran darah. Kalau pada daun tanaman asam jawa mengandung flavonoid yang dapat sebagai antiradang dan menghilangkan rasa nyeri.


Khasiat Manfaat Asam Jawa

Dengan rasa buah yang asam, manis dan bersifat sejuk memiliki khasiat yang sebagai pencahar, pereda demam atau antipiretik serta meningkatkan nafsu makan. Selain itu khasait manfaat asam jawa dapat menurunkan panas. Bagian yang digunakan sebagai tanaman obat tradisional yaitu daging buah daun pada tanaman asam jawa.


Khasiat Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Dari yang sudah dijelaskan tadi khasiat manfaat asam jawa itu dapat dijadikan sebagai tanaman obat tradisional sebagai anti penyakit, berikut ini ramuan tradisonal asam jawa dan cara pengobatannya.


1. Mengobati Asma

Asam jawa dapat membantu mengatasi penyakit asma. Cara pengobatannya
  • 2  buah asam jawa, adas pulawaras secukupnya direbus dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian di saring, dan air asam jawa ini diminum 2 kali sehari


2. Mengobati Batuk Kering

Di musim asap seperti sekarang ini banyak penyakit ispa menyerang, termasuk Batuk kering, ternyata asam jawa merupakan obat yang ampuh untuk menyerang penyakit batuk kering ini, Cara pengobatannya yaitu:
  • 3 potong buah asam jawa, 1/2 genggam daun saga, rebus kesemua bahan dengan 4 gelas air hingga ia mendidih, tunggu air rebusan asam jawa tadi menjadi 1 gelas dan di saring. Diminum 2 kali setiap hari. Pagi dan sore.


3. Mengobati Demam

Demam merupakan penyakit yang langganan terhadap anak-anak. Dan sekarang ibu tidak perlu khawatir lagi, kami akan memberi ramuan tradisional menggunakan daun asam jawa yang bermanfaat menurunkan demam si kecil. cara pengobatan nya yaitu:
  • 1 Genggam daun asam jawa, adas pulawaras secukupnya. kemudian di rebus dengan 1/2 liter air hingga mendidih, lalu disaring. inumlah ramuan ini 2 kali sehari, pagi dan sore.


4. Mengobati Sakit Panas

Sakit panas bisa di katakan demam juga sebenarnya hanya saja resep ramuan asam jawa nya yang berbeda dari poin yang diatas. kalau poin yang di atas menggunakan daun asam jawa sedang kan poin yang ke empat ini ramuan yang kita gunakan adalah buah asam jawa nya. Cara pengobatannya adalah.
  • 2 potong buah asam jawa yang telah masak, garam secukupnya. lalu seduhlah kedua bahan tersebut dengan 1 gelas air hangat, dan saringlah. Ramuan ini dapat diminum 1 kali sehari.
Catatan* Ibuhamil tidak dianjurkan untum meminum ramuan ini.


5. Mengobati Rematik

Apakah ibu, ayah, saudara, sepupu atau kerabat anda yang mengalami rematik, kami memberikan resep ramuan tradisional berbahan asam jawa, yang sangat mudah kita jumpai di sekeliling kita, cara pengobatannya:
  • 2 genggam daun asam jawa, 2-3 biji asam jawa di tumbuk halus, dipakai untuk kompres bagian yang sakit.


6. Sakit Perut

Asam jawa dapat menyembuhkan sakit perut dan cara pengobatan nya adalah sebagai berikut :
  • a) 3 potong asam jawa yang sudak masak, kapur sirih dan minyak kayu putih secukupnya, semua bahan tersebut di campur rata , di gunakan sebagai obat gosok, terutama pada bagian perut.
  • b) 3 potong buah asam jawa, 1 potong gula aren kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas, lalu di saring siap di minum.
  • c) 2 potong buah asam jawa 1 rampang kunyit sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. kunyit diparut kemudian di campur dengan bahan bahan lainnya dan diseduh dengan 1 gelas air panas. kemudian disaring diminum biasa.


7. Morbili.

Mungkin masih ada yang asing dengan penyakit morbili. Morbili adalah penyakit campak. dan ternyata Asam jawa mampu menyembuhkan penyakit morbili ini mari kita simak cara pengobatannya:
  • 1-2 potong buah asam jawa yang telah masak, 2 rampang kunyit sebesar ibu jari. Kunyit diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai rata. digunakan sebagai bedak/ obat gosok bagi penderita morbili.


8. Alergi

Alergi merupakan penyakit kulit yang peka terhadap sesuatu yang merangsang timbulnya alergi, yang akan mengakibatkan kulit menjadi merah2 di sertai gatal gatal. begini cara pengobatannya:
  • 2-3 potong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya. 1/4 sendok kapur sirih.Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, dan tunggu hingga air rebusan menjadi 2 gelas dan disaring, diminum 2 kali sehari


9. Sariawan

Penyakit mulut satu ini paling ampuh kalau di basmi menggunakan asam jawa karena sebelum saya memnulisnya saya sudah mencobanya terlebih dahulu. cara pengobatannya adalah:
  • 2 potong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa. semua bahan direbus dengan 1 gelas air. kemudian disaring dan diminum biasa.


10. Luka Baru 

Percaya atau tidak ternyata asam jawa ini dapat menyembuhkan luka baru cara pengobatannya agak sedikit ekstrem bagi yang belum biasa. Cara pengobatannya:
  • Daun asam jawa secukupnya dikunyah hingga haluslalu tempelkan pada luka.


11. Luka borok 

Luka borok itu kudisan luka yang lama tak sembuh juga. sampai bernanah. cara pengobatan dengan asam jawa adalah sebagai berikut:
  • beberapa biji asam jawa di tumbuk halus lalu di tempelkan pada luka kemudian perban.


12. Eksim dan Bisul 

Bisul merupakan nanah yang telah terakumulasi di rongga di jaringan setelah terinfeksi (biasa nya bakteri atau parasit) dan jangan panik lagi jika anak atau suami bahkan anda sendiri terkena bisul karena ada bahan alami yang dapat mengobatinya, sangat mudah di jumpai di sekitar anda hanya dengan menggunakan daun asam jawa. bagaiamana cara pengobatan nya? ini dia cara pengobatan eksim dan bisul
  • 1 genggam daun asam jawa yang masih muda, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, ditumbuk hingga halus, kemudian tempel kan bagian bisul.


13. Bengkak Disengat binatang Berbisa

Ini kisah nyata yang dialami ibu saya sendiri,setelah di gigit lipan.jujur kami anak anak nya sudah panik apa yang harus di lakukan, tapi ibu malah santai saja sambil mengambil biji asam jawa di kunyah seadanya dan di tempel di tempat sengatan lipan tersebut, dan ternyata bisa yang di tinggalkan lipan hilang total ibu tidak kesakitan lagi. mau tau cara pengobatannya ala kami. mari kita simak :
  • 3 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya di tumbuk halus. bagian yang bengkak di bersihkan terlebih dahulu, dengan kain yang dibasahi minyak kayu puti, kemudian di tempeli dengan bubuk biji asam jawa yang telah dihaluskan tadi.


14. Mencegah Kerontokan Rambut

Buat para wanita yang memiliki mahkota rambut yang indah meski di rawat supaya jangan rontok, kami memiliki treatmen alami buat mencegah kerontokan pada rambut hanya menggunakan asam jawa, Bagaimana Bisa? begini cara pengobatannya:
  • beberapa biji asam jawa ditumbuk sampai halus. sebelum keramas dengan sampo. kepala dipijat terlebih dahulu dengan tumbukan biji asam.

Subhanallah, sangat luar biasa apa yang di ciptakan Allah di alam ini, hanya dari kita saja yang mesti mencari ilmu pengatahuan apa saja manfaat apa yang telah Allah ciptakan di muka bumi ini, seperti Asam jawa ini. yang tak di sangka memiliki Khasiat manfaat asam jawaanti penyakit yang luar biasa. untuk khasiat  tanaman asam jawa cukup sampai di sini dulu ya teman-teman. nanti kita sambung dengan tanaman yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Khasiat Manfaat Asam Jawa Anti Penyakit"

Posting Komentar