Khasiat Manfaat Buah Nona atau Srikaya

Khasiat Manfaat Buah Nona atau Srikaya
Khasiat Manfaat Buah Nona atau Srikaya

Manfaat Buah Nona

Khasiat manfaat buah nona atau srikaya. Buah nona dikenal juga dengan buah srikaya dengan nama istilahnya Annona Squamasa. Buah nona ini termasuk tanaman perdu yang berumur panjang (perinial) dengan tingginya 2-5 m. Buah nona memiliki akar tunggang, batang berkayu, slindris, tgak, warna keabu-abuan, kulit tipis, permukaan kasar, pecabangan simpodial, arah cabang miring ke atas.


Ciri-ciri Buah Nona

Daun pada buah nona atau srikaya memilki daun tunggal, bertangkai pendek, tersusun berseling (alternate), warna hijau, bentuk memanjang (oblongus), panjang 6-17 cm, lebar 2,5-7,5 cm, helaian daun tipis kaku, ujung dan pangkal runcing tetap rata, pertulangan menyirip (pinnte), permukaan halus bunga tunggal, muncul di ketiak daun dan ujung batang, bertangkai, kelopak tebal berwarna hijau kekuningan bauh semu, bulat mengerucut, warna hijau berbedak putih, 5-10cm, permukaan buah benjol-benjol dengan biji berbentuk kepingan kecil berwarna hitam mengkilat, berbuah setelah berumur 3-5 tahun.


Kandungan Buah Nona

Buah memiliki kandungan seperti tanin, alkaloid anonaina, dan retikulina yang mampu mengobati berbagai penyakit. Bagian yang digunakan untuk pengobatan tradisional yaitu buah dan daunnya.


Khasiat Buah Nona

Perlu diketahui khasiat manfaat buah nona dapat sebagai menetralkan, insektisida, antiinflamasi dan antelminitik.


Khasiat Manfaat Buah Nona atau Srikaya



Cara Pengobatan



1. Obat Cacing

  • Daun buah nona segar 4 gram diseduh dengan 110 ml air. Diminum sehari 1 kali 100 ml. Dilakukan selama 4 hari.


2. Sariawan

  • 4 gram daun buah nona segar, 3 helai daun sirih segar, 4 gram daun saga, dan 6 gram serbuk gips. Diseduh dengan 110 ml air. Diminum 1 kali sehari 100 ml. Diulang semalam 7 hari.


Demikian infromasi khasiat manfaat buah nona atau srikiya, semoga dengan infromasi ini bermanfaat untuk Anda. Perlu diingat infromasi artikel ini bersifat informasi bukan bermaksud untuk sebagai pengganti pendapat ahli atau medis.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Khasiat Manfaat Buah Nona atau Srikaya"

Posting Komentar