9 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

9 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan
9 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Buah Delima

Buah delima merupakan jenis tanaman buah yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 5-8 m. Buah delima dapat tumbuh di dataran rendah sampai 1000 m di atas permukaan laut. Pohon delima berbentuk perdu dengan tinggi 2-5 m.

Buah delima dikenal juga dengan nama istilah Punica Granatum yang memilki kaya akan manfaatnya. Tanaman delima memiliki batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketiak masih muda dan hijau kotor setelah tua.


Ciri-ciri Buah Delima

Daun tanaman delima memiliki daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok. Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengkilap, panjang 1-9 cm, lebar 0,5-2,5 cm, daunnya berwarna hijau.

Bunga tanaman delima memiliki bunga tunggal bertangkai pendek, keluar di ujung ranting atau di ketiak daun yang paling atas. Biasanya, terdapat satu sampaii lima bunga, warnanya merah, putih, atau ungu. Berbunga sepanjang tahun.


Buah tanaman delima memiliki buah buni, denganbentuk yang bulat dengan diamter 5-12 cm, warna kulitnya beragam seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Kadang terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna lebih tua.

Dan biji pada buah delima berbiji banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, merah jambu atau putih.


Kandungan Buah Delima

Tanaman buah delima memilki kandungan yang terdiri dari pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin. resin, triterpenoid, kalsium oksalat, pati, pseudopelletierine tanin, kalsium oksalat, lemak, sulfur, peroksidase, asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin (A dan C), mineral (kalsium, fosofor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium). Dari kandungan tersebut tanaman buah delima dapat mengobati berbagai penyakit. Baisanya bagian yang digunakan pengobatan tradisional yaitu semua bagain tanaman.


Khasiat Buah Delima

Perlu diketahui khasiat tanaman buah delima dapat mengobati berbagai penyakit seperti menghentikan perdarahan (hemostatis), peluruh cacing usus (vermifuga), antidiare, dan antivirus.


9 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan



Cara Pengobatan



1. Cacingan

  • Akar tanaman buah delima yang telah dikeringkan dicuci bersih, lalu dipotong-potong, rebus dnegan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus.
  • Masing-masing sebanyak 15 gr kulit buah delima kering dan serbuk biji pinang direbus dengan 3 gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama 1 jam. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.
  • Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk sampai merata, lalu minum sekaligus.
  • Satu sendok makan bubuk biji buah delima kering dimasukkan dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk merata, minum sewaktu perut kosong.


2. Radang Gusi

  • 7 kuntum bunga tanaman buah delima dicuci dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur.


3. Pendarahan

  • 20 gr bunga tanaman buah delima direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.


4. Luka

  • Serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dicampur dengan minyak wije. Aduk merata, lalu oleskan pada bagian yang luka.


5. Sariawan

  • 2 buah delima segar yang sudah masak diambil isi dan bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2-3 kali sehari samapi sembuh.


6. Sering Kencing

  • 1 Buah delima yang segar dan masak diambil isi dan bijinya dan senggegam kucai dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.


7. Keputihan

  • 30 gr kulit delima kering dan 15 gr herba sambiloto kering direbus dengan 1 liter air bersih. Biarkan samapai air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan bagi untuk 3 kali minum pagi,siang dan malam hari. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk cuci vagina. Khusus wanita yang sudah menikah, gunakan dengan alat semprot yang masuk ke liang vagina.

Baca Juga :
Cara Merawat Miss V Agar Tetap Sehat
Tips Mencegah Keputihan Pada Wanita

 

8. Batuk Kronis

  • Ambil 1 buah delima yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur, kunyah biji delima tersebut. Ingat jangan ditelan.


9. Tenggorokan Kering dan Suara Serak

  • Ambil 1 buah delima segar, dibelah, dan diambil isinya. Kunyah, lalu buah bijinya. lakukan 2-3 kali sehari.


Demikian informasi 9 manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh kita. Semoga dengan infromasi ini bermanfaat untuk Anda. Dan perlu dingat kembali artikel ini bersifat informasi bukan bermaskud sebagai pengganti pendapat medis atau ahli.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "9 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan"

Posting Komentar