6 Manfaat Kakikuda atau Pegagan Untuk Kesehatan


6 Manfaat Kakikuda atau Pegagan Untuk Kesehatan
6 Manfaat Kakikuda atau Pegagan Untuk Kesehatan

KAKIKUDA (PEGAGAN)


Pernahkah anda mendengar kata Kakikuda atau di sebut juga dengan pegagan? Kakikuda atau pegagan adalah tanaman yang merupakan herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Kaki kuda tumbuh merambat dengan stolon (geragih) dan tidak mempunyai batang, tetapi ia tanaman yang mempunyai rhizoma. Tanaman ini sering kita jumpai di daerah persawahan, dan di sela-sela rumput. tempat yang di sukai oleh kakikuda adalah tempat yang lembab dan terbuka atau agak ternaungi.

Kakikuda mempunyai helai daun tunggal, bertungkai panjang sekitar 5cm - 15cm berbentuk ginjal. di tepi-tepi daun bergerigi atau beringgit, dengan penampang 1cm - 7cm tersusun dalam roset yang terdiri atas 2 - 10 helai daun, kadang-kadang agak berambut, bunga nya berwarna putih atau merah muda, tersusun dalam karangan berupa payung , tunggal atau 3-5 bersama sama keluar dari ketiak daun. Ciri khas daun kakikuda atau pegagan ini berbau harum dan rasanya agak pahit.

Kandungan Kakikuda atau Pegagan

Dalam kakikuda atau pegagan mengandung Asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centelose,caritenoids, garam garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalium, besi, vellarine, zat samak.


Khasiat Kakikuda atau Pegagan

Perlu diketahui kakikuda atau pegagan memiliki khasiat yang dapat mnegobati berbagai penyakit seperti anti infeksi, antitoxic, penurun panas, dan peluruh air seni. Bagian yang digunakan untuk pengobatan tradisional yaitu semua bagian tanaman kakikuda atau pegagan.


6 Manfaat Kakikuda atau Pegagan Untuk Kesehatan



Cara Pengobatan



1. Typus

  • 1 genggam daun kakikuda, 1/2 genggam daun jintan dan 5 batang tapakliman dikukus, lalu diambil airnya. Air kukusan ditambah dengan 1 sendok makan madu dan diminum.


2. Busung

  • Tanaman kakikuda lengkap (akar, batang, dan daunnya), 3 batang alang-alang, 1 potong kulit kamboja direbus dengan 3 gelas air samapi emndidih hingga tinggal 1/2 gelas. Diminum 3 kali sehari 1 cangkir.


3. Sakit Kepala

  • 1 genggam daun kakikuda dan seujung sendok makan jintan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1/2 gelas. Disaring dan ditambah dengan 1 sendok makan madu, kemudian diminum.


4. Influenza

  • 1 genggam daun kakikuda ditumbuk halus (dipipis) untuk diambil airnya. Ditambah sedikit garam dan dimunum.


5. Keracunan Jengkol

  • 10-15 daun kakikuda direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 1/2 gelas. Disaring dan diminum.


6. Ayan

  • Daun kakikuda ditumbuk halus kemudian diambil 1 sendok dan dicampur dengan gula aren secukupnya. Kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas. Disaring diminum, diulangi secara teratur samapi sembuh.


Demikan 6 manfaat kakikuda atau pegagan untuk kesehatan, semoga dengan informasi dapat membantu Anda. Dengan artikel ini buakn bermaksud sebagai pengganti pendapat ahli atau medis tapi sebagai tambahan informasi untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "6 Manfaat Kakikuda atau Pegagan Untuk Kesehatan"

Posting Komentar