11 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

11 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan
11 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun Sirih

Khasiat dan manfaat daun sirih untuk kesehatan. Mungkin tidak asing lagi sama daun sirih. Daun sirih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Daun sirih merupakan tanaman asli yang berasal dari Indonesia yang banyak tumbuh, dimana tanaman daun sirih yang tumbuhnya merambat atau bersandar pada batang pohon lain.

Daun sirih dikenal juga dengan nama latinya Piper Betle. Sirih dapat tumbuh mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna cokelat kehijauan, berbentuk bulat, beruas, dan merupakan temapt keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling.

Kandungan Daun Sirih

Daun sirih termasuk tanaman obat yang memiliki kandungan seperti butylphenol, seskulterpen, pati, diatase, gula, zat, samak dan kavikol.


Khasiat Daun Sirih

Dari kandungan yang ada di daun sirih dapat mengobati berbagai penyakit seperti sakit mata, eksim, bau mulut, kulit gatal, menghilangkan jerawat, pendarahan gusi, mimisan, bronkhitis, batuk, sariawan, luka, keputihan, sakit jantung, sifilis, alergi/biduran, diare dan sakit gigi. Bagian yang digunakan sirih untuk pengobatan tradisonal yaitu daunya.


11 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Dari urain di atas daun sirih kaya akan khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh kita, yang dapat mengobati berbagai penyakit. Bagaimana caranya menggunakan daun sirih untuk pengobatan? Yuk langsung simak sama-sama


Cara Pengobatan Daun Sirih



1. Sakit Jantung

3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, 1 sendok jintan putih ditumbuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.


2. Diare

4-6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa ditumbuk bersama-sama samapai halus. Digosokkan pada bagian perut.


3. Keputihan

7-10 lembar dau sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Air rebusan daun sisirh tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk membasuh/membersihkan sepeutar kemaluan secara berulang-ulang.


4. Sifilis

25-30 lembar dau sirih bersama tangkainya, 0,25 kg gula aren dan garam dapur secukupnya direbus dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 3 kali 1 hari secar terus menurus.


5. Alergi

6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih ditumbuk bersama-sama sampai halus . Dioleskan atau digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.


6. Mengurangi Asi Berlebihan

4 lembar daun sirih diolesi dengan minyak kelapa, kemudian dipanggang dengan api. Dalam keadaan masih hangat ditempelkan di seputar buah dada.


7. Menghentikan Pendarahan Gusi

4 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dengin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh.


8. Menghentikan Pendarahan Hidung

1 lembar daun sirih digulung sambail ditekan-tekan sedikit supaya keluar minyaknya. Digunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah/mimisan.


9. Nyeri Gigi Berlubang

1 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh. 2 lembar daun sirih diremas, garam 0,5 sendok, diseduh dengan air panas 1 gelas, diaduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Dipakai untuk berkumur-kumur.


10. Bronkhitis

7 lembar daun sirih dirajang, kemudian direbus bersama 1 buah gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, dan disaring. Diminum 3 kali sehari 2 sendok makan.


11. Batuk

Ada 2 cara mengobati batuk dengan menggunakan dau sirih
4 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh.
4 lembar daun sirih, 3 lembar daun widoro upas dan madu secukupnya, diris-iris. Kemudian direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin dipakai untuk kumur, diulang secara teratur sampai sembuh.


Demikian infromasi tentang 11 khasiat dan manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh kita. Semoga dengan informasi ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu untuk Anda. Dan perlu dingat lagi artikel ini bersifat informasi bukan untuk sebagai pengganti pendapat medis atau ahli. 

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "11 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan"

Posting Komentar