13 Manfaat Temulawak Sebagai Tanaman Obat

13 Manfaat Temulawak Sebagai Tanaman Obat
13 Manfaat Temulawak Sebagai Tanaman Obat

Temulawak

Manfaat temulawak untuk kesehatan. Temulawak sebagai tanaman obat yang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita dan pengobatan untuk berbagai macam penyakit. Apa sudah tau dari manfaat dari tanaman temulawak?

Temulawak dikenal juga dengan nama latinnya Curcuma Xanthorrhiza. Tanaman temulawak merupakan jenis tanaman berbatang semu dengan tinggi hingga lebih dari 1-2 m. Banyak khasiat dan manfaat yang terdapat dalam tanaman temulawak yang digunakan sebagai obat tradisional.

Di Jawa tanaman ini disebut juga dengan temulawak, kalau di Sunda temulawak disebut juga dengan koneng gede dan sedangkan di Madura disebuat juga temulabak. Tiap daerah namanya berbeda tapi tanaman temulawak tetap sama.

 

Ciri-ciri Temulawak

Rimpang tanaman temulawak berbentuk dengan sempurna dan bercabang kuat, berukuran besar, bercabang-cabang, dan berwarna cokelat kemerahan, kuning tua atau berwarna hijau gelap. Warna daun temulawak berwarna hijau atau cokelat keunguan terang sampai gelap, panjang daunnya 31-84 cm dan lebar 10-18cm. Panjang tangkai daun temulawaktermasuk helaian 43 cm - 80 cm, pada setiap helaian dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun agak panjang. Bunga tanaman temulawak berwarna kuning tua, berbentuk unik dan bergerombol yang perbungaan lateral, tangkai ramping dan sisik berbentuk garis.


Kandungan Temulawak

Temulawak banyak mengandung yang akan kaya manfaatnya seperti fellandrean, turmerol, minyak asiri, kamfer, glukosida, dan foluymetik karbinol.


Khasiat Dan Manfaat Temulawak

Temulawak memiliki khasiat sebagai tanaman obat yang dapat dijadikan sebagai anti inflamasi, anti hepototoksik dan acnevulgaris. Biasanya bahan yang digunakan temulawak untuk pengobatan tradisonal yaitu rimpang temulawak.


13 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Manfaat temulawak dapat dijadikan sebagai tanaman obat untuk kesehatan tubuh kita. Temulawak dapat juga sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Yuk langsung saja simak manfaat dari temulawak


Cara Pengobatan Temulawak Sebagai Tanaman Obat



1. Manfaat Temulawak Untuk Sakit Limfa

  • 2 rimpang temulawak, 1/2 rimpang lengkuas, 1 genggam daun meniran direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, dan disaring. Diminum 1 kali sehari 1 cangkir.


2. Manfaat Temulawak Untuk Sakit Ginjal

  • 2 rimpang temulawak, 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun kacabeling direbus bersama dengan 1 liter air, dan disaring. Diminum selama 3 hari.


3. Manfaat Temulawak Untuk Sakit Pinggang

  • 1 rimpang temulawa, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 genggam daun kumis kucing direbus dengan 1 liter air dan disaring. Diminum 1 kali sehari 1 gelas.


4. Manfaat Temulawak Untuk Asma

  • 1 1/2 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan dikeringkan. Setelah kering direbus dengan 5 gelas air ditambah 1 potong gula aren sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas. Kemudian disaring. Diminum biasa.


5. Manfaat Temulawak Untuk Sakit Kepala dan Masuk Angin

  • Beberapa rimpang temulawak, diris tipis-tipis, dikeringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Kurang lebih 2 genggam tepung temulawak direbus dengan 4-5 gelas air sampai emndidih hingga tinggal 3 gelas. Diminum biasa.


6. Manfaat Temulawak Untuk Maag

  • 1 rimpang diris tipis-tipis dan diangin-anginkan, kemudian direbus dengan 5-7 gelas air samapi mendidih dan disaring. Diminum 1 kali sehari 1 gelas.


7. Manfaat Temulawak Untuk Sakit Saat Haid

  • 1 rimpang temulawak diparut, kemudian direbus bersama 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Biarkan hingga tinggal 2 gelas. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir pagi dan sore.


8. Manfaat Temulawak Untuk Menghilangkan Bau Amis Saat Haid

  • 1 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan. Direndam dengan segelas air panas bersama 5 buah mata asam, 1 potong gula kelapa. Ditutup rapat dan didiamkan selama kurang lebih 15 menit dan disaring. Diminum 1 kali sehari.


9. Manfaat Temulawak Untuk Memperbanyak Asi

  • 1 1/2 rimpang temulawak diparut dan tepung sagu secukupnya, ditambah air panas sehingga menjadi bubur. Dimakan biasa.


10. Manfaat Temulawak Untuk Melancarkan Air Asi Yang Mampet

  • 1 1/2 rimpang temulawak diparut. Direbus dengan 1 liter air sampai mendidih bersama 1 potong gula kelapa, 2-3 sendok makann adonan sagu. Air rebusan disaring. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir secara teratur.


11. Manfaat Temulawak Untuk Susah Buang Air Besar

  • 1 rimpang temulawak diris tipis-tipis dan diangin-anginkan sampai kering. Diseduh dengan air panas bersama 3 buah mata asam, 1 potong gula kelapa. Air rebusan disaring dan diminum biasa.


12. Manfaat Temulawak Untuk Sembelit

  • 1 rimpang temulawak dan biji sawi secukupnya ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan air panas secukupnya dan disaring. Dimunum biasa.


13. Manfaat Temulawak Untuk Menambah Nafsu Makan

  • 2 rimpang temulawak, 1/4 rimpang lengkuas, 1/2 genggam daun meniran direbus dnegan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.


Demikian informasi 13 manfaat temulawak sebagai tanaman obat untuk kesehatan tubuh kita yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dengan informasi ini.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "13 Manfaat Temulawak Sebagai Tanaman Obat"

Posting Komentar