Manfaat Jahe Sebagai Obat Kesehatan

Manfaat Jahe Sebagai Obat Kesehatan
Manfaat Jahe Sebagai Obat Kesehatan
Berikut ini khasiat manfaat jahe sebagai obat kesehatan. Sudah tidak asing lagi yang namanya jahe, selain sebagai bumbu masakan, ternyata jahe memiliki banyak manfaat sebagai obat kesehatan untuk menyegarkan tubuh. Tanaman jahe ini sudah menjadi obat tradisional sejak zaman nenek moyang terdahulu.

Jahe memiliki batang semu dengan tinggi 30 hingga 100cm. akarnya berbentuk rimpang degan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau yang menyengat, daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm, dan panjangnya 8 - 15 mm, tangkai daun berbulu halus.


Jahe ini memiliki beberapa macam yakni



- Jahe putih (jahe kuning besar)

Jahe putih atau sering disebut dengan jahe kuning besar ini adalah jahe yang sering kita kenal dengan nama jahe gajah atau juga jahe badak. bentuk rimpang nya besar dan gemuk,, ruas rimpang lebih menggembung di bandingkan dengan jenis varites jahe yang lainnya. Jenis jahe ini baik di konsumsi baik yang masih muda maupun tua. Bisa dimanfaatkan dalam bentuk jahe segar atau jahe olahan.


- Jahe Kuning

Jahe kuning kecil yang di sebut juga dengan jahe sentil atau jahe emprit. Jahe ini memiliki ruas yang kecil agak rata sampai menggembung. Jahe ini bisa di panen setelah berumur tua, kandungan minyak atsirinya. lebih besar dari pada jahe gajah, sehingga rasanya lebih pedas dan seratnya lebih tinggi. Jahe ini cocok untuk ramuan obat atau untuk di ekstrak menjadi oleoresin dan minyak atsiri.


- Jahe merah

Jahe merah rimpangnya berwarna merah dan lebih kecil dari pada jahe kuning. jahe merah selalu dipanen setelah berumur tua. jahe ini memiliki kandungan minyak atsiri paling tinggi dibandingkan dengan 2 klon lainnya. sehingga cocok untuk ramuan obat obatan.

Sejak zaman nenek moyang kita dahulu jahe memang sudah dijadikan sebagai obat-obatan tradisional yang katanya jahe ini mampu merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan, dan melancarkan sistem pencernaan.


Kandungan Jahe

Secara umum kandungan jahe terdiri dari minyak asiri zingiberena (zingironal), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena dan resi. Kandungan jahe ini mampu sebagai obat tradisional yang dapat mengobati berbagai penyakit.


Manfaat Jahe Sebagai Obat Kesehatan

Kita memang sudah tau kalau jahe dapat di jadikan sebagai obat-obatan tradisional. Tetapi apakah Anda mengetahui bagaimana cara pengobatannya, kami akan menjelaskan bagaimana ramuan jahe sebagai obat tradisional.


A. Manfaat Jahe Merah Sebagai Obat tradisional

Beberapa manfaat jahe merah sebagai obat tradisional untuk:


1. Mengatasi Rematik

Cara pengobatannya:
  • 20 gr jahe merah segar, 20 gr temulawak, 20 gr cabe jawa, 30 gr kumis kucing, 30 gr daun komfrey, kemudian semuanya dicuci bersih, dipotong tipis-tipis, lalu direbus dengan 4 gelas air samapi air rebusan tersisa 2 gelas. Kemudian di saring. Minum 2 kali sehari pagi dan sore (agar rasanay enak dan segar, tambahkan 2 sendok makan madu dan perasan jeruk nipis.
  • 20 gr jahe merah segar, 30 gr daun dewa segar, 20 gram mahkota dewa irisan kering, 30 gram daun menira segar, 30 gram daun sendok, semuanya dicuci bersih. Kemudian direbus dengan 4 gelas air sampai tersisa air ebusan tersisa 2 gelas. Kemudian disaring. Minum 2 kali sehari pagi dan sore. Sekali minum 1 gelas. Tambahkan madu agar rasanya segar.


2. Mengatasi Osteoporosis atau Tulang Keropos

Cara pengobatannya:
  • 20 gram jahe merah segar, 30 gram kacang hijau, 10 gram kapulaga, 15 gram merica, 20 gram kayumanis. Kemudian dicuci bersih lalu dilumatkan atau dimemarkan. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga air rebusan tersisa 2 gelas. Kemudian disaring. Minum 2 kali sehari pagi dan sore sesudah makan.


3. Mengatasi Asma

Cara pengobatannya:
  • 20 gram jahe merah segar, 30 gram daun sambiloto, 30 gram daun randu, 20 gram daun lempes. Dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil. Lalu direbus dengan 4 gelas air sampai air rebusan tersisa 2 gelas. kemudian disaring. Minum 2 kali sehari pagi dan sore sesudah makan. Sekali minum 1 gelas.


4. Mengatasi Stroke

Cara pengoabatannya:
  • 20 gram jahe merah segar, 40 gram mengkudu, 20 gram pule pandak, 30 gram daun dewa, 20 gram daun cermai. Kemudian dicuci bersih, lalu diiris semuanya. Setelah itu rebus dengan 4 gelas air sampai air rebusan tersisa 1 1/2 gelas. Kemudian disaring. Minum 3 kali sehari pagi, siang, dan malam sesudah makan.  Sekali minum 1/2 gelas.


5. Menambah Gairah Seks

  • 15 gram jahe merag segar, 30 gram gingseng, 20 gram cabe jawa, 20 gram lada hitam. Kemudian dicuci bersih, rebus dengan 4 gelas air sampai air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum 2 kali sehari pagi dan sore. Sekali minum 1 gelas.


B. Manfaat Jahe Putih atau Gajah Sebagai Obat Tradisonal

Beberapa manfaat jahe merah sebagai obat tradisonal untuk:


1. Mengatasi Sakit Kepala

Cara pengobatannya:
  • Jahe putih sebesar ibu jari, kemudian dibakar lalu memarkan. Diaduk dengan segelas air hangat dan tambah gula aren. Minum 3 kali sehari. Diminum sekaligus.


2. Mengatasi Masuk Angin

Cara pengobatannya:
  • Jahe putih yang tua sebesaribu jari, kemudian dicuci bersih dan dimemarkan. Lalu direbus dengan 2 gelas air ditambah gula aren secukupnya sampai mendidih. Diminum hangat-hangat.


3. Mengatasi Batuk

Cara pengobatannya:
  • 10 gram jahe putih atau jahe gajah, kemudian dicuci bersih dipotong-potong dan dimemarkan. Lalu direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Kemudian disaring. Minum 1 kali sehari. Bisa ditambahkan madu secukupnya untuk menambah rasa agar enak.


4. Mengatasi Keseleo atau Terkilir

Cara pengobatannya:
  • Jahe putih sekitar dua ruas, cuci bersih lalu diparut, tambahkan sedikit garam. Kemudian oleskan pada daerah yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.


5. Mengatasi Rematik

Cara pengobatannya:
  • 2 rimpang jahe putih, kemudian dibakar lalu ditumbuk halus. Lalu oleskan pada bagian yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.


Nah demikian artikel tentang manfaat jahe sebagai obat kesehatan. Semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda. Baca juga artikel kesehatan tentang manfaat kencur, manfaat daun sirih, manfaat daun sirsak.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Manfaat Jahe Sebagai Obat Kesehatan"

Posting Komentar