4 Manfaat Buah dan Daun Kersen bagi Kesehatan

Manfaat Buah dan Daun Kersen bagi Kesehatan
Manfaat Buah dan Daun Kersen bagi Kesehatan
Manfaat Buah dan Daun Kersen bagi Kesehatan - Sudah tidak awam lagi bukan dengan tanaman yang satu ini. Ini adalah buah Seri yang di sebut juga dengan buah kersen, Tanaman kersen ini merupakan tanaman perdu yang mampu mencapai ketinggian 12 meter, tanaman ini tidak lah begitu langka, biasa tumbuh di perkebunan, ladang, di pinggir jalan, di halaman rumah, bahkan di hutan. sangat mudah untuk dicari.

Tanaman kersen dikenal nama latinnya Muntinga Calabura, tanaman kersen tumbuh di atas tanah yang tidak gembur mampu tumbuh di tanah yang kering, dan tidak diperlukan perawatan yang khusus, karena tanaman ini sangat mudah tumbuh di mana-mana saja, di kawasan indonesia. Orang belanda menyebutnya dengan ceri asli indonesia.tumbuhan kersen ini memiliki daun yang berbentuk bulat telur sepanjang antara 2,5cm dan 15 cm, lebar antara 1cm - 6,5 cm dengan tepi daun yang bergerigi-gerigi, ujung runcing dan struktur rindang.


Kandungan Tanaman Kersen

Dalam tanaman kersen terdapat kandungan yang baik bagi kesehatan yang terdiri dari 100 gram air, protein, lemak, karbohidrat, serat, tianin, ribofalin, niacin, dan vitamin C serta nilai energi yang tinggi sekitar 380 KJ/100 gram. Biasanya tanaman kersen ini dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit asam urat.


Manfaat Buah dan Daun Kersen bagi Kesehatan

Nah berikut ini ada beberapa ramuan obat tradisional dengan menggunakan tanaman kersen untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang sering dialami:

1. Mengatasi Susah BAB (Buang Air Besar)

Ambil beberap buah kersen, dicuci bersih. Lalu dikonsumsi secara lansung. Kandungan serat yang terdapat dalam buah kersen dapat mengatasi susah buang air besar.


2. Mengatasi Diabetes

Ambil 50-100 gram daun kersen, dicuci bersih. Kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai air tersisa 1 gelas. Lalu air rebusan disaring. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.


3. Mengatasi Asam Urat

Ambil 9 butir buah kersen. Dicuci bersih. Kemudian dimakan langsung 3 kali sehari.


4. Mengatasi Kolesterol

Ambil 1-2 genggam daun kersen segar dicuci bersih. Kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga air tersisa 1 gelas. Diminum secara teratur 3 kali sehari.

Demikian dari beberapa manfaat buah dan daun kersen bagi kesehatan. Untuk informasi manfaat kesehatan lainnya bisa baca di web ini seperti manfaat jeruk lemon dan manfaat pepaya. Masih banyak lagi tanaman lain yang ada di Indonesia yang memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi masalah kesehatan kita.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "4 Manfaat Buah dan Daun Kersen bagi Kesehatan"

Posting Komentar