Tips Kesehatan Wanita

Tips Kesehatan wanita - dalam beberapa hal berbeda dengan tips untuk pria. Anatomi tubuh wanita yang berbeda dengan pria menjadi faktor utama dalam cara menjaga kesehatan, terutama yang terkai dengan kesehatan alat reproduksi.
Tips Kesehatan Wanita
Tips Kesehatan Wanita
Payuudara, sebagai salah satu organ intim wanita, sangat rentan terkena penyakit, sehingga harus dijaga kesehatannya. Agar terhindar kanker, salah satu penyakit yang menjadi momok bagi wanita, tip-tips kesehatan berikut sangat baik dan diikuti. Tentu saja ini bisa menjadi tips kesehatan wanita hamil ataupun tidak hamil. 

4 Tips Kesehatan Wanita :


1. Menjaga Berat Badan Stabil


Obesitas merupakan salah satu pemicu gangguan kesehatan seperti serangan jantung. Bearat badan yang tidak terkontrol atau melebihi batas normal juga bisa memicu timbulnya kanker payuudara. Oleh karena itu kita perlu menjaga berat badan di angka yang normal agar sel-sel kanker tidak muncul dan membhayakan kesehatan payuudara. Pertahankan berat badan yang normal dengan konsumsi makanana berserat atau melakukan olahraga secara rutin.

2. Memeriksa Diri


Secara rutin memeriksakan diri ke dokter atau menegcek sendiri. Dengan meraba, pastikan bahwa tidak ada benjolan mencurigakan yang menimbulkan rasa nyeri di daerah sekitar payuudara dan ketiak. Jika da benjolan, jangan menunda-nunda berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin. Selain itu, riwayat kesehatan keluarga juga perlu diketahui. Lakukan general check up secara rutin karena orang dengan anggota keluarga yang menderita kanker payuudara memilki resiko yang lebih tinggi.

3. Menghindari Rokok, Alkohol dan Makanan Berlemak


Rokok dan alkohol merupakan salah satu musuh utama bagi kesehatan, termasuk kesehatan payuudara. jangan abaikan peringatan yang terdapat pada kemasan rokok, karena nikotin dan zat berbahaya laian pada rokok bisa memicu kanker. Begitu pula dengan konsumsi minuman alkohol yang melebihi batas. Wanita yang mengonsumsi dua gelas alkohol perhari memiliki resiko gangguan kesehatan payuudara hingga 21% lebih tinggi dibanding yang tidak minum alkohol.

Konsumsi makanan berlemak yang melebihi batas juga bisa memperbesar resiko kesehatan wanita. Makanan berlemak bisa mengubah zat kimia dalam usus yang terkena bakteri berubah menjadi estrogen yang bisa memicu kanker. Hormon yang tersimpan di jaringan lemak payuudara bisa menumbukan sel kanker yang sangat berbahaya. maka dari itu, tips kesehatan payuudara ketiga dalah dengan membatasi konsumsi lemak sekitar 20% dari konsumsi kalori secara berlebihan.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat


Untuk memperkecil peluang timbulnya gangguan kesehatan payuudara, konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan ikan. Sayuran hija seperti selada, bayam dan brakoli memilki kandungan sulforaphane bermanfaat dalam mencegah dan memerangi sel kanker. Buah dan sayur yang kaya serat seperti buncis, jeruk dan pir juga bisa meningkatkan sistem metaolisme serta ,mengurangi produksi estrogen pemicu kanker. Di Jepang rumput lau telah terbukti sebagai makanan yang bermanfaat untuk kesehatan payuudara. Di sini, kita bisa mengonsumsinya sebagai kelp atau nori.

Kacang-kacangan, terutama kedelai, menjadi makan sehat yang baik untuk kesehatan payuudara. Kedelai mengandung zat bernama genisten yang bisa mengikat reseptor pada pyuudara dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Kita juga bisa mengonsumsi makanan atau minuman dari kedelai seperti misalnya tahu, tempe, dan susu kedelai alami.

Untuk daging-dagingan pilih ikan lain seperti ikan tuna, sarden, makarel dan salmon. Ikan laut memilki omega 3 yang sangat tinggi yang bisa memperkuat sisitem imunisasi tubuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Dengan kandungan kaya manfaat tersebut, ikan laut menjadi makan yang sangat disarankan dalam tips kesehatan wanita. Demikian tips ini kami bagikan bagi Anda semoga bermanfaat.

Nah itulah beberapa tips kesehatan wanita, semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda yang membtuhkannya,

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Tips Kesehatan Wanita"

Posting Komentar