10 Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas

10 Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas
10 Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas
10 Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Siapa sih yang gak mau lihat anaknya cerdas, pasti tiap orang tua menginginkan anaknya cerdas dan menjadi kebanggaan orang tua bila anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Tapi gimana caranya menstimulasi otak anak agar cerdas? 

Sebelum itu sebagai orang tua harus memahami dulu tumbuh kembangnya otak pada anak. Otak pada anak tumbuh atau berkembang dengan cepat pada tiga tahun pertama kehidupannya yang sering disebut dengan golden age/golden period.

Kenapa otak anak berkembang pada tiga tahun pertama?

Karena otak anak terdiri dari jutaan neuron yang saling berhubungan satu sama yang lain. Dan faktor lingkungan seperti warna, bau, gerakan, sentuhan dapat memicu pembentukan koneksi antar neuron, semakin banyak hubungan neuron yang terbentuk maka anak semakin pintar.

Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas

Berikut ini cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menstimulasi kecerdasan anak:

1. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Ajak Anak Bermain

Maksud dari ajak anak bermain disini orang tua mengajak anaknya bermain dengan memilih mainan yang sesuai dengan usianya, untuk anak usia 12-24 bulan bermain dengan mainan dengan beragam bentuk seperti balok, segitiga, bola, binatang, boneka, mobil-mobilan, buku berwarna, dll. Selain tujuannya untuk mengasah otak anak dapat juga mengajarkan anak cara bersosialisasi.

2. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Berikan Waktu

Orang tua harus meluangkan waktu bersama si buah hati untuk bermain dan berinteraksi.

3. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Mendengar Musik

Orang tua mengajarkan anak dengan mendengarkan jenis musik yang tujuannya supaya anaknya mengenal musik, merasa nyaman dan bahagia.

4. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Menonton TV

Dengan menonton siaran tv dapat memberikan efek posif dan negatif. Hindari tontonan yang menunjukkan kekerasan. Yang penting orang tua menemani dan berikan tontonan yang bersifat edukatif seperti siaran tv anak-anak yang tujuannya untuk menstimulasi kecerdasan anak.

5. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Mengeksplorasi Alam

Pada waktu libur sekali-kali orang tua mengajak anaknya bermain di taman / tempat wisata yang tujuan supaya anak mengenal tumbuh-tumbuhan dan hewan.

6. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Mengajak Berbicara

Orang tua harus sering mengajak anaknya berbicara yang tujuannya untuk membantu anak mengenal kosakata baru.

7. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Istirahat Yang Cukup

Orang tua mengajak anaknya untuk istirahat atau tidur yang cukup, karena dengan istirahat yang cukup dan banyak dapat membantu anak memperkuat daya ingat.

8. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Kapan Harus Berhenti

Jika anak mulai merasa bosan, menangis, tampak kelelahan. Orang tua harus hentikan sementara mengajar anaknya. Karena dengan mengajar anak secara berlebihan akan mempengaruhi proses belajar dan membuat anak tidak bahagia.

9. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Asupan Nutrisi

Orang tua harus memperhatikan asupan nutrisi pada anak, karena nutrisi memiliki peran penting dalam pertumbuhan otak anak. Orang tua harus membiasakan anak untuk sarapan setiap hari. Kalau anak tidak sarapan akan membuat anak tidak konsentrasi, mengganggu kognitif dan menurunkan antusiasme anak untuk bermain atau belajar.

10. Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas - Tunjukkan Kasih Sayang

Orang tua selalu tunjukkan kasih sayang dan perhatian untuk si buah hati, yang tujuannya dapat membantu anak mengingat, berpikir efisien, membentuk sikap dan perilaku yang baik dan mengingatkan kemampuan belajar. Sehingga membuat anak merasa diperhatikan.

Inilah cara menstimulasi otak anak agar cerdas, yang penting orang tua memberikan atau mengajarkan yang terbaik untuk si buah hati agar menjadi anak yang cerdas. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "10 Cara Menstimulasi Otak Anak Agar Cerdas"

Posting Komentar