10 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

10 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan
10 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya

Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5-10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah.

Pepaya dikenal juga dengan nama istilahnya Carica Papaya. Pepaya berumah tunggal sekaligus berumah dua dengan tiga kelamin: tanaman jantan, tanaman betina, dan banci (hermafrodit). Bunga pepaya memilki mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai pada batang. Bunga jantan pada tanaman jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuk.

 

Buah Pepaya

Buah pepaya berbentuk bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah ketika madu hijau gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dari tanaman betina dan memanjang (oval) bila dihasilkan tanaman banci.

Daging buah pepaya berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah, tergantung varietasnya. Bagian tengah buah beronggan. Biji-bijian berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lapisan belendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan.

 

Kandungan Pepaya

Kandungan dalam pepaya yang kaya akan manfaatnya terdiri dari carposide, papyotin, karparin, kautsyuk, karposit dan vitamin.

 

Khasiat Pepaya

Khasiat dari pepaya mengobati batu ginjal, hipertensi, malaria, sakit keputihan, kekurangan asi, rematik, malnutrisi, gangguan saluran kencing, haid berlebihan, sakit perut saat haid, disentri, diare, jerawat dan ubanan. Bagian dari pepaya yang digunakan untuk pengobatan seluruh herba.

 

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat kesehatan untuk kesehatan yaitu untuk mengobati beberapa penyakit seperti:

 

Cara Pengobatan

 

1. Batu Ginjal

  • Hari pertama, 3 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus. 
  • Hari kedua, 5 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
  • Hari ketiga, 7 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
  • Untuk menutupnya ditambah dengan minum air kelapa muda, yang dipilih dari buah kelapa hijau.

2. Hipertensi

  • 2 potong akar pepaya direbus dengan 1 liter air samping mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 1 cangkir.
  • 7 lembar daun atau bunga tapakdara, 2 potong akar pepaya, diseduh dengan 1 gelas air dan dibiarkan beberapa saat dan disaring. Diminum menjelang tidur.

3. Malaria

  • 1 lembar  daun pepaya, tempe busuk sebesar ibu jari, garam secukupnya, ditumbuk halus, kemudian diperas dan disaring untuk diambil airnya. Diminum 1 kali sehari selama 7 hari berturut-turut.

4. Sakit Keputihan

  • 1 lembar daun pepaya dicincang halus, 1 potong akar rumput alang-alang, adas pulosari secukupnya, direbus dengan 1,5 liter air sampe mendidih dan disaring. Diminum 1 kali sehari 1 gelas dan dilakukan secara teratur.

5. Kekurangan Asi

  • Buah pepaya yang masih hijau (muda) tanpa dikuliti dibelah menjadi 2 bagian, sebagian direbus dengan air dan sebagian yang lain. Air rebusan tersebut diminum 2-3 sendok teh sehari dan dilakukan secara teratur.

6. Rematik

  • Buah pepaya dipotong penampangnya kemudian 2 telur dimasukkan dalam pepaya melalui lubang yang telah dibuat dengan memotong penampang tadi, ditutup kembali rapat-rapat dan dibakar hingga telur yang ada di dalamnya masak. Telur yang sudah masak tersebut dimakan pagi dan sore.
  • 2 potong akar pepaya, 1 lembar daun pepaya ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih dan disaring. Diminum 1 kali sehari 1 gelas pada sore hari.

7. Malnutrisi

  • 2 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep, kapur sirih secukupnya ditumbuk bersama sampai halus. Digunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut balita yang sakit.
  • 1 lembar daun pepaya direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminumkan pada balita 2 sendok makan makan setiap hari.

8. Gangguan Saluran Kencing

  • 3 potong akar pepaya direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 1 kali sehari 0,5 gelas.

9. Haid Berlebihan

  • Buah pepaya yang masih hijau (muda) direbus dengan air sampai masak, dimakan dagingnya.

10. Sakit Saat Haid

  • 1 lembar daun pepaya dicincang halus, kemudian ditambahkan buah asam dan garam secukupnya, direbus dengan air hingga mendidih. Didinginkan. Air rebusan diminum biasa.

Inilah materi tentang manfaat pepaya untuk kesehatan, Perlu Anda ingat artikel ini sebagai informasi tambahan untuk Anda, bukan untuk bermaskud untuk sebagai pengganti penganan medis atau ahli. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "10 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan"

Posting Komentar