Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan
Manfaat jambu biji - Jambu biji termasuk tanaman perdu dan memilki banyak cabang dan ranting, batang pohonya yang keras. Permukaan kulit luar pohon jambu biji berwarna cokelat dan licin. Apabila kulit kayu jambu biji tersebut dikelupas, akan terlihat permukaan batang kayunya basah.

Bentuh daun dari jambu biji umumnya bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun.


Buah Jambu Biji

Buah jambu biji berwarna hijau saat muda dan kekuningan bila sudah masak. Tanam ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Buah jambu biji dikenal juga dengan istilah Psidum Guajava yang banyak kandungan vitaminnya.


Kandungan Jambu Biji

Dalam buah jambu biji terdapat kandungan yang terdiri dari tanin, minyak asiri, asam ursolat, asam psidolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin.

Khasiat Manfaat Jambu Biji
Khasiat dari buah jambu biji dapat mengobati diabtes melitus, maag, diare, masuk angin, beser, prolapsisani, sariawan, saki kulit, luka baru dan demam berdarah.


Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan


Cara Pengobatan


1. Diabetes Melitus

1 buah jambu biji setengah masak dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

 Baca artikel Apa Itu Diabetes Melitus

2. Maag

8 lembar daun jambu biji yang masih segar direbus dengan 1,5 liter air samapi mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 3 kali sehari pagi, siang dan sore.


3. Sakit Perut Disertai Diare

5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidh kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.


4. Diare Pada Bayi yang Masih Menyusu

Jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya dikunyaholeh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.


5. Masuk Angin

10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya, direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari.


6. Kencing Berlebihan

1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak, direbus bersama dengan 2,5 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok.


7. Demam Berdarah

1 buah jambu biji, jambu biji diblender di jadikan minuman jus di tambah air secukupnya. Untuk menaikkan jumlah trombosit yang drop. Diminum 3 kali sehari.

Baca artikel Penyakit Demam Berdarah

 8. Sariawan

1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji, direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari.


9. Sakit Kulit

1 genggam daun jambu biji yang masih muda dan 7 kuntum bunga jambu biji, ditumbuk bersama-sama sampai halus. Digunakan untuk menggosok bagian kulit yang sakit.


10. Luka Baru

3 pucuk daun jambu biji dikunyah sampai lembut, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengeluarkan darah terus menerus.

Demikian manfaat jambu biji untuk kesehatan, semoga dengan info ini bertambah pengetahuan Anda. Artikel ini bukan bermaksud sebagai pengganti penanganan ahli atau media. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan"

Posting Komentar