Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manggis


Banyak manfaat dari manggis untuk kesehatan. Sebelum itu ketahui dulu dari manggis tersebut. Pohon manggis yang selalu hijau, tingginya mencapai 6-20 m. Batangnya tegak, batak pokok jelas, kulit batangnya coklat, memiliki getah kuning. Daun ttunggal, didik daun berhadapan atau bersilang berhadapan, helaian daun mengkilat di permukaan, permukaan atas hijau gelap permukaan bawah hijau terang.

Daun dari manggis berbentuk elips memanjang, 12-23 x 4,5-10 cm, tangkai 1,5-2 cm. Bunga manggis betina 1-3 ujung batang, susuna menggarpu, garis tengah 5-6 cm. Kelopak daun kelopak, dua daun kelopak yang terluar hijau kuning, 2 yang terdalamlebih kecil, bertepi merah, melengkung kuat dan tumpul.


Buah Manggis


Buah manggis adalah sejenis buah dengan pohon hjiau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari kepulauan Nusantara. Nama istilah dari buah manggis yaitu Garcinia mangostana. Dan buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian si "raja buah".

Buah manggis ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.


Kandungan Buah Manggis


Kandungan dalam buah manggis terdiri dari mangostin, B-mangostin, 1,3,6,7-tetrahidroksi-2,8-di (3-metil-2 butenil) xanton. Biasannyaa bagian yang digunakan buah manggis untuk pengobatan tradisional yaitu buahnya dan kulit buah.


Khasiat Buah Manggis


Buah manggis kaya akan khasiatnya karena khasiat dari buah manggis itu sebagai antidiare, speriniostatik dan spermisida, antiinflamasi da antioksidan.


Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan


Cara Pengobatan


1. Disentri

2 buah kulit manggis, dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 4 gelas air sampai volume tinggal 1/2 nya, setelah dingin disaring lalu diminum dengan madu bila perlu (2x sehari 3/4 gelas).


2. Mencret

2 buah kulit manggis yang masak, dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air samapai volume air sampai tinggal 1 1/2 nya, setelah dingin kemudian diminum dengan madu seperlunya (2 x sehari 3/4 gelas).


3. Sariawan

2 buah kulit manggis, dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai volume airnya tinggal 1/2 nya, setelah dingin disaring untuk berkumur dan terus diminum (3-6 x sehari 2 sendok makan)


Demikian dari manfaat buah manggis untuk kesehatan, semoga dengan artikel dapat menambahkan pengalaman dan pengetahuan Anda, bukan berati dengan buah manggis ini mendahului pakar medis dan ahli. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan"

Posting Komentar