6 Khasiat Manfaat Buah Mengkudu

6 Khasiat Manfaat Buah Mengkudu
6 Khasiat Manfaat Buah Mengkudu
6 Khasiat Manfaat Buah Mengkudu. Mengkudu termasuk jenis kopi-kopian. Jarang orang yang suka dengan buah mengkudu ini, karena buahnya yang rasa pahit. Tapi di balik rasa yang pahit buah mengkudu memilki banyak khasiat dan manfaatnya.

Mengkudu dapat tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian tanah 1500 meter diatas permukaan laut. Mengkudu merupakan tumbuhan asli dari Indonesia. Mengkudu juga dikenal dengan istilah Morinda citrifolia.

Buah mengkudu berwarna hijau mengkilap dan berwujud buah buni berbentuk lonjong dengan variasi trotol-trotol. Dimana bijinya yang banyak dan kecil-kecil terdapat dalam daging buah mengkudu.

Pada umumnya buah tanaman mengkudu berkembang biak secara liar di hutan-hutan atau dipelihara orang pinggiran-pinggiran kebun rumah.


Kandungan Buah Mengkudu

Kandungan buah mengkudu banyak manfaatnya sebagai pengobatan tradisional, kandungannya terdiri dari morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyol. Bagian yang digunakan untuk obat tardisonal yaitu buah dan daunnya.


Khasiat Buah Mengkudu

Khasiat dari buah mengkudu dapat mengobati
  • Penyakit hipertensi
  • Sakit kuning
  • Demam
  • Influenza
  • Batuk
  • Sakit perut
  • Menghilangkan sisik pada kaki


6 Khasiat Manfaat Buah Mengkudu



Cara Pengobatan



1. Hipertensi

2 buah mengkudu yang telah masak di pohon diperas airnya, kemudian dicampur dengan 1 sendok makan madu. Diminum dan diulangi 2 hari sekali.


2. Sakit Kuning

2 buah mengkudu yang telah masak di pohon diperas airnya, ditambahkan 1 potong gula batu. Diminum dan diulangi 2 hari sekali.


3. Demam

1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga 1 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.


4. Batuk

1 buah mengkudu dan 1/2 genggam daun poo (bujanggut) direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Kemudian disaring, diminum 2 kali sehari pagi dan sore.


5. Sakit Perut

2-3 daun mengkudu ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Stelah dingin disaring dan diminum saat sakit.


6. Kulit Kering dan Bersisik

Kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibilas dengan air hangat.


Nah itulah 6 Khasiat Manfaat Buah Mengkudu, semoga dengan info ini dapat menjadikan tambahan pengetahuan untuk Anda. Dan perlu diingat artikel ini bukan bermaksud sebgai pengganti penangan medis dan ahli.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "6 Khasiat Manfaat Buah Mengkudu"

Posting Komentar