Khasiat Manfaat Mahkota Dewa

Khasiat Manfaat Mahkota Dewa
Khasiat Manfaat Mahkota Dewa
Khasiat manfaat mahkota dewa. Banyak sekali khasiat manfaat dari buah mahkota dewa ini, mahkota dewa banyak ditemukan di Papua, tetapi tidak ada informasi yang kuat menerangkan bahwa tanaman ini berasal dari Papua.

Baca juga >> Khasiat Manfaat Buah Merah Papua Bagi Kesehatan

Mahkota dewa tumbuh subur di tanah yang gembur dan subur pada ketinggian 10-1.200 m dari permukaan laut. Tanaman ini adalah tanaman perdu menahun yang tumbuh tegak dengan tinggi 1-2,5 m. Batangnya yang bulat, permukaannya kasar, warna coklat, berkayu dan bergetah, percabangan simpodial.

Nama istilah mahkota dewa dikenal juga dengan Phaleria Macrocarpa. Bentuk buah mahkota dewa bulat dengan diameter 3-5 cm, permukaan licin, beralur, ketika muda warnanya hijau dan buahnya masak berwarna merah.
 

Kandungan Mahkota Dewa

Dalam mahkota dewa terdapat kandungan seperti anthistamin, alkaloid, saponin, dan polifenol (lignan). Kulit buah mengandung alkaloid, saponin dan flavonoid.


Khasiat Mahkota Dewa

Khasiat dari mahkota dewa itu dapat menghilangkan gatal (antipruritus) dan anti kanker. Biasanya bahan yang digunakan untuk pengobatan tradisonal dari mahkota dewa yaitu daun, daging dan kulit buah.


Khasiat Manfaat Mahkota Dewa



Cara Pengobatan



1. Disentri

15 g kulit mahkota dewa yang sudah dikeringkan direbus dengan dua gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Setalah dingin, saring dan minum airnya sekaligus. lakukan 2-3 kali dalam sehari.


2. Psoriasis

3 buah mahkota dewa segar dibelah, bijinya dibuang, lalu iris tipis-tipis dan jemur sampai kering. Rebus simplisia ini dengan satu liter air dengan api besar. Stelah mendidih, kecilkan api dan rebus samapi airnya tersisa seperempatnya. Segin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing separuhnya. Jika timbul gejala keracunan turunkan dosis atau hentikan penggunaannya.


3. Eksim dan Gatal-gatal

Cuci daun mahkota dewa segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tempelkan pada bagian yang sakit, lalu balut. Ganti 2-3 kali dalam sehari.

Demikan artikel tentang khasiat manfaat mahkota dewa, semoga dengan info ini bermanfaat untuk Anda. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, karena kesembuhan hanyalah milik ALLAH.SWT.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "Khasiat Manfaat Mahkota Dewa"

Posting Komentar