6 Khasiat dan Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

6 Khasiat dan Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan
Manfaat daun sukun. Selain buah sukun ternyata daun sukun juga memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia yang dijadikan sebagai obat tradisional. Tentu saja sukun tidak asing lagi kita dengar, karena sukun sering kita konsumsi sebagai makanan selingan.

Sukun dikenal dengan nama latinnya Artocarpus Altilis. Tanaman sukun memilki buah yang berbentuk bulat, berwarna hijau dan daging buah sukun sangat lembut dan empuk, sehingga sering orang menyebutnya buah roti. Di Indonesia sendiri buah sukun dijadikan sebagai makanan ringan seperti gorengan dan keripik.

Tanpa di sadari walaupun sukun sering kita jumpai bahkan kita konsumsi tapi sayang kita tidak menyadari manfaat yang sebenarnya yang terkandung dalam daun sukun.


Kandungan Daun Sukun

Kandungan daun sukun memilki banyak khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, karena dalam daun sukun memiliki kandungan seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin B1, vitamain B2 dan vitamin C. Selain itu daun sukun juga terdapat kandungan kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.

Tidak hanya itu dalam daun sukun juga mengandung asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia seperti histidine, lysine, isoleusine, methionin, tryptophan dan valin.

Nah setelah dilihat dari apa yang terkandung di dalam daun sukun, maka dapat disimpulkan bahwa begitu banyak khasiat dan manfaat dari daun sukun untuk kesehatan tubuh kita.


Khasiat dan Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat daun sukun untuk kesehatan tubuh manusia yang dijadikan sebagai obat tradisional atau tanaman obat.


1. Daun Sukun Mengobati Gangguan Ginjal

Daun sukun sebagai obat tradisional dapat membuat ginjal kita agar tetap sehat. Cara pengobatan dengan daun sukun:
  • Ambil segenggam daun sukun segar, lalu dicuci bersih. Kemudian direbus daun sukun, lalu saring sebelum meminumnya. Minum air rebusan daun sukun dengan rutin dan tertaur. Untuk mengurangi  rasa pahit bisa ditambahkan sedikit madu.


2. Daun Sukun Menurunkan Kadar Kolesterol

Cara pengobatan untuk menurunkan kadar kolesterol yaitu
  • Ambil segenggam daun sukun yang telah dikeringkan, campurkan dengan segenggam daun bangle, kemudian popong seperti bentuk teh, lalu seduh dengan air panas tunggu sampai airnya agak hangat. Diminum tiap hari. Untuk mengurangi rasa pahitnya tambah sedikit madu.


3. Daun Sukun Mengobati Sakit Jantung

Cara pengobatan tradisional daun sukun untuk mengobati sakit jantung yaitu
  • Ambil satu lembar daun sukun yang sudah tua tapi yang masih berada di pohon, cuci daun sukun sampai bersih. lalu jemur sampai daun sukun tersebut kering. Rebus daun sukun dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga air rebusan tersisa separuhnya. Kemudian tambahkan kembali 5 gelas air lagi, lalu saring air rebusan daun sukun, dan airnya diminum secara langsung.


4. Daun Sukun Mencegah Inflamasi dan Peradangan

Cara pengobatan tradisional daun sukun untuk mencegah inflamasi dan peradangan yaitu
  • Ambil 1 lembar daun sukun yang sudah tua, lalu dicuci bersih. Kemudian direbus dengan 5 gelas air samapi air rebusan tersisa separuhnya. Air rebusan disaring, diminum langsung secara rutin.


5. Daun Sukun Mengobati Asam Urat

Cara pengobatan tradisional daun sukun untuk mengobati asam urat yaitu
  • Ambil segenggam daun sukun yang sudah dikeringkan dan segenggam daun greges otot. Lalu camprkan dan diseduh dengan air panas. Bairkan air rebusan menjadi hangat. Saring dan diminum langsung secar teratur. Untuk mengurangi rasa pahitnya bisa ditambahin sedikit madu.


6. Daun Sukun Mengobati Penyakit Bengkak Limpa

Cara pengobatan daun sukun untuk mengobati penyakit bengkak limpa yaitu
  • Ambil segenggam daun sukun yang sudah tua, lalu remas daun sukun, kemudian kompreskan atau oleskan pada bagian yang sakit.


Selain itu menurut hasil riset Puspa DN Lotulung, Sofa Fajirah, Andini Sundowo dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menyatakan bahwa sukun termasuk jenis tanaman memiliki efek insulin yang mengandung senyawa flavonoid daun sukun yang berhasil diisolasi yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes "dimana dapat menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita kencing manis atau diabetes melitus", Sehingga sampai sekarang penggunaan sukun sebagai tanaman obat tradisional untuk menurunkan kadar gula darah mulai banyak dikembangkan.

Demikian 6 khasiat daun sukun untuk kesehatan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang memerlukannya. Baca juga artikel kesehatan tentang ramuan kunyit asam, ramuan mengobati osteoporosis.

Subscribe to receive free email updates:

follow Obat Herbal

0 Response to "6 Khasiat dan Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan"

Posting Komentar